oleh

Polresta Luncurkan Banyuwangi Tangguh, Untuk Mendukung Penanggulangan Pandemi

KabarBanyuwangi.co.id – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi meluncurkan empat program yang terangkum dalam Banyuwangi Tangguh, Senin)10/8/2020).

Program yang terdiri dari Motor Bhabinkamtibmas Peduli Pendidikan, Mobil Himbauan Covid-19, Thermal Scanner Gate, dan E-Kampung Tangguh Semeru ini diluncurkan sebagai upaya mendukung pemerintah kabupaten Banyuwangi dalam mencegah dan menanggulangi dampak penyebaran virus croa atau Covid-19.

Peluncuran keempat inovasi dilakukan di halaman Mapolresta oleh Kapolresta Banyuwangi, Kombes Arman Asmara Syarifudin, dihadiri oleh Forkopimda kabupaten Banyuwangi

Menurut Kaporesta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin, motor Babinkamtibmas Peduli Pendidikan adalah untuk memberikan layanan wifi gratis kepada pelajar di pelosok desa yang kesulitan mengakses internet.

“Polresta Banyuwangi menyediakan 100 motor khusus yang dilengkapi dengan laptop dan pemancar wifi. Masing-masing kecamatan mendapat jatah 4-5 kendaraan,” kata Kapolresta Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin.

Baca Juga: Kesadaran Protokol Kesehatan Rendah, TNI-Polri Bentuk Tim Masker Blambangan

Baca Juga: Pertama, Banyuwangi Resmikan Kampung Nelayan Tangguh Semeru

Kaolresta menambahkan,Babinkamtibmas akan keliling menggunakan motor melayani par pelajar yang membutuhkan jaringan wifi guna mendukung kegiatan proses belajar mengajar secara daring.

“Babinkamtibmas akan selalu keliling desa wilayahnya mecari informasi di mana lokasi yang paling banyak membutuhkan wifi. Nanti bisa janjian tempatnya di mana, waktunya kapan, bisa kumpul di situ bareng-bareng,” tabmah Kapolresta.

Sedangkan Mobil Himbauan Covid-19, merupakan kendaraan khusus untuk patroli kedisiplinan protokol kesehatan. Mobil terseut akan rutin keliling menyampaikan imbauan tentang protokol kesehatan. Kendaraan ini juga akan menyisir warga yang terlihat melanggar protokol kesehatan.

“Jadi kalau ada warga yang ketahuan tidak memakai masker, akan diingatkan agar megunakan masker dan warga dibagikan masker oleh petugas,” ujar Arman.

Motor Bhabinkamtibmas Peduli Pendidikan yang dilengkapi wifi. (Foto: man)
Motor Bhabinkamtibmas Peduli Pendidikan yang dilengkapi wifi. (Foto: man)

Program Thermal Scanner Gate adalah untuk memastikan seluruh pengunjung di kantor Polresta Banyuwangi dalam kondisi sehat. Bahkan di pintu masuk Mapolresta tepatnya di depan pos penjagaan dsiapkan jalur khusus yang dilengkapi dengan alat thermal scanner (scan pengukur suhu tubuh).

“Jadi siapapun yang akan masuk kantor Mapolresta, wajib melewati gate ini. Sirine akan langsung berbunyi dan menyala jika ada pengunjung yang suhunya di atas 37,3 derajat yang artinya dia dilarang masuk,” tegas Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin.

Sementara itu,  E-Kampung Tangguh atau Kampung Tangguh Corner merupakan centra dari seluruh kampung tangguh semeru se-Banyuwangi. Semua kegiatan dan laporan dari kampung tangguh semeru dapat dilihat dari command centre yang ada di Polresta Banyuwangi.

Kampung Tangguh Semeru merupakan program unggulan Polda Jawa Timur, sebagai upaya melawan penyebaran virus Covid-19 yang dilakukan mulai lingkup terkecil, yakni dari desa dan warga sekitar.

“Melalui E-kampung tangguh ini kami ingin pastikan semua kegiatan penanggulangan pandemi telah berjalan dengan baik. Mulai dari penerapan protokol kesehatan Covid-19 hingga memastikan penyaluran bantuan sosialnya,” pungkas Kapolresta .

_blank

Kabar Terkait