Iklan Banner Atas Luminor Hotel Banyuwangi

Selain Seni Budaya, Ikawangi Korwil OKU Juga Kembangkan Kerajinan Rajut (3)ISG Sumatera


Selain Seni Budaya, Ikawangi Korwil OKU Juga Kembangkan Kerajinan Rajut (3)

Keterangan Gambar : Pertemuan dengan Ikawangi Korwil OKU. (Foto: Humas Ikawangi Sumsel)

KabarBanyuwangi.co.id – Korwil terakhir yang menjadi sasaran kunjungan adalah Ikawangi Ogan Komering Ulu (OKU). Tepat pukul 12.00 WIB, rombongan melanjutkan kunjungan ke Korwil OKU dengan jarak sekitar 125 kilometer dan waktu tempuh 2.5 jam.

Punggawa-punggawa Ikawangi Provinsi Sumsel, tiba di Korwil OKU tepat pukul 14.30 WIB. Langsung disambut Ketua Ikawangi Korwil OKU, Bapak Kateni beserta jajaran pengurus. Selama ini nama Bapak Kateni sudah dikenal luas diantero Sumsel, karena sebagai pimpinan kesenian asli Banyuwangi, Jaranan dan Campursari.

Dalam kunjungan ke Korwil OKU ini, rombongan yang diwakili Humas (Wiyono), menyampaikan visi dan misi organisasi, keanggotaan, keuangan paguyuban Ikawangi Sumsel serta maksud dan tujuan kunjungan.

Baca Juga :

Dalam sambutannya Ketua Korwil OKU yang disampaikan Bapak Suparmin, mewakili Ketua umum. Mengaku berterima kasih atas kunjungan pengurus Ikawangi Provinsi Sumsel, sekaligus dalam kesempatan tersebut mohon bimbingan agar Korwil OKU dapat lebih berkembang dan maju .

Bapak Suparmin menyampaikan juga, bahwa selain kesenian khas Banyuwangi, seperti Jaranan, Kendang Kempul dan Gandrung, Korwil OKU juga ada program unggulan ekonomi kreatif, yaitu produk rajutan benang dengan produk akhir tas,dan sepatu.

Sekretaris Ikawangi Sumsel, Subandriyo, dalam sambutannya menyampaikan kiat-kiat bagaimana merekrut anggota baru dan program apa yang bisa membuat orang bergabung dengan paguyuban.


Hasil kerajian Ikawangi Korwil OKU. (Foto: Humas Ikawangi Sumsel)

Herwan, seksi ekonomi akan memfasilitasi Ikawangi Korwil OKU ke Dinas Pariwisata, untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif hasil korwil OKU. Dalam kesempatan tersebut, rombongan juga diperlihatkan kerajinan hasil produk anggota Ikawangi OKU.

Sementara itu, Paelan Hadi dari Seksi Satgas, menghimbau agar segera dibentuk satgas untuk Korwil OKU. Harapannya, setiap ada kegiatan korwil OKU berjalan aman dan lancar.

Rombongan dijamu santap sore oleh tuan rumah, dengan menu makanan sayur lodeh, daging gulai dan lalapan. Makanan sederhana ini, membuat pengurus Provinsi dan Kabupaten terlihat akrab.

Usai santap sore, rombongan bergegas pulang menuju Palembang jam 17.20 WIB. Dalam perjalanan, rombongan mampir ke Ikawangi Korwil Prabumulih pada jam 19.00 WIB.

Rombongan singgah di kediaman Ibu Nanik, sekaligus memberikan contoh beras yang akan dijual di wilayah Prabumulih oleh Ikawangi Sumsel. Usai pembicaraan dengan Ibu Nanik, rombongan melanjutkan perjalanan ke Kota Palembang dan tiba pada jam 20.00 WIB. Kunjungan selam dua hari yang melelahkan tersebut, namun membahagiakan. (Habis)


(Penulis: Wiyono, Humas Ikawangi Provinsi Sumatera Selatan – SUMSEL)