oleh

“Selamatan Sego Ethuk Brokoan”, Tandai Pembukaan Sekretariat Ikawangi Sumatara Group Pusat

KabarBanyuwangi.co.id – Pesatnya pertumbuhan ISG (Ikawangi Sumatera Group) memerlukan fasilitas pendukung berupa Kantor Sekretariat sebagai pusat komando yang memadai. Bertepatan tanggal 6 September 2020, kantor sekretariat ISG yang semula di Jl.Suntai No.1 Labuh Baru Barat – Kota Pekanbaru, telah resmi dipindahkan ke Jl Pesantren No.78 Kel.Pematang Kapau-Kec.Tuah Karya kota Pekanbaru.

Penempatan Gedung Baru ini, ditandai dengan acara “rijig-“rijig” dan selamatan bancaan adat Using, yang dipimpin langsung Sekjen ISG Pusat, Kang Hery Susanto. Tumpeng dan sandingan tertata rapi, menandai hajat dan niat untuk menempati ruangan baru sudah bisa dilaksanakan. Untaian doa dipanjatkan bersama dengan penuh khidmat, memohon kepada Allah SWT, agar semua hajat, harapan cita-cita dan tujuan ISG ini mendapatkan ridho dan di ijabahNya.

Baca Juga: Tanda Tangan Tinta Merah, Wujud Semangat ISG Pusat Besarkan Organisasi

Baca Juga: ISG Sumut, Merajut Silaturahmi Membangkitkan Kegiatan Roda Ekonomi

Baca Juga: Riuhnya Suasana, Bila ISG Pelalawan Riau Bertemu Sesama Dulur Banyuwangi

Niat tulus ISG Pusat ini dapat terus menjadikan rumah tempat berkumpul dan bersatunya perantau Banyuwangi di Pulau Sumatera. Mulai dari Lampung hingga Nangroe Aceh Darussalam dan dapat diteruskan hingga ke anak cucu nantinya.

Pada kesempatan acara selamatan Bancaan itu, Ketua ISG Pusat , Amma Kusbani, melakukan pembagian “Sego Ethuk Brokoan” yang menandakan kantor baru telah resmi  difungsikan. Sego ethuk yang sangat jarang dijumpai di Pekanbaru ini, menjadi hal unik dan menarik, karena sangat jarang digunakan.

Bahkan anggota yang hadir saat itu spontan berucap, “Byek enak yuh mangan piringe nganggo ethuk ikai, rasane kaya sing nung Sumatera yuhh….” ungkap kang Ade Rianto, pemilik 6 Ruko yang salah satunya digunakan kantor sekretariat ini.

Selametan Sego Brokoan adat Banyuwangi di Perantauan. (Foto: istmewa)
Selametan Sego Brokoan adat Banyuwangi di Perantauan. (Foto: istmewa)

Posisi kantor Sekretatriat sangat strategis, sebab berada di tepi jalan raya pintas menuju lintas timur Sumatera – Jakarta. Tentunya mudah diakses oleh dulur-dulur yang datang dari luar kota dan hendak singgah di tempat ini.

Kang Ade Riyanto yang juga Bendahara umum ISG Pusat, berasal  dari Sumber Beras, Kecamatan Muncar sekaligus pemilik Jati Wangi Furniture, mengaku sangat bangga bisa memberikan sumbangsih untuk ISG. Harapannya, kantor sekretariat ini dapat digunakan dengan maksimal.

Seiring derap langkah kemajuan ISG, merupakan bukti nyata dukungan dan peran aktif yang dihasilkan oleh ISG Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumatera. Kemajuan pesat ditunjukkan oleh Provinsi Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Lampung dan Provinsi Riau. Tidak terbantahkan lagi eksistensinya, ini juga akan segera memicu ISG Provinsi lainnya yang masih belum lengkap.

Mereka diharapkan terus ditata, agar segera bangun dan bersama-sama maju bergerak mewujudkan visi dan misi. Jika kompak dalam satu frekwensi dan arah yang sama, maka semuanya bisa menjadi satu kesatuan yang solid. ISG Niaga dan Jasa (ISG N&J ) adalah iklan baru ISG yang digagas oleh Kang Nurhidayat.

Sekretaris ISG Pusat (udeng Merah), sedang menikmati "Sego Ethuk Broyoan" bersama Pengurus lainnya. (Foto: istimewa)
Sekretaris ISG Pusat (udeng Merah), sedang menikmati “Sego Ethuk Broyoan” bersama Pengurus lainnya. (Foto: istimewa)

Menurut Wakil Ketua Umum 2 ISG Pusat ini, N&J sudah mulai menggeliat bergerak maju, bisnis E-commerce ini, sangat membuka peluang  cukup besar bagi semua warga ISG di seluruh Sumatera. Bersama-sama memasarkan produk UMKM yang dihasilkan, serta menjadikan media transaksi jual beli dengan beragam komoditi. Terutama jual beli hasil bumi, property, otomotif dan produk produk legal lainnya.

ISG N&J ini, diharapkan dapat mendorong dan mengangkat taraf ekonomi wargannya dan bisa bersaing dengan lapak bisnis online yang ada saat ini. Tumbuhnya  semangat setelah menempati kantor dan fasilitas baru, tentunya akan membawa jajaran pengurus ISG Pusat, untuk lebih produktif dalam birsinergi mengupayakan kemajuan organisasi Sosial Ekonomi dan Budaya, ke arah yang lebih kompetitif dan transparan.

“Salam Jenggirat Tangi, Seduluran Selawase teko Pulau Sumatera”

(Penulis: Hery Susanto- Sekjen ISG Pusat di Pekanbaru Riau)

Redaksi menerima tulisan dari para Netizen, tentang apa saja asal tidak mengandung sara dan ujaran kebencian. Mulai dari Wisata, Kuliner atau cerita perjalanan. Bisa dikirim lewat email redaksi@kabarbanyuwangi.co.id atau melalui WhatsApp (WA) +6289682933707, beserta foto dan keterangannya. Terimakasih.

_blank