oleh

Aksi Gotong Royong Anggota TNI Bersama Warga, Diapresiasi Elemen Masyarakat

KabarBanyuwangi.co.id – Sejumlah anggota Koramil 0825/17 beserta anggota Kodim 0825 Banyuwangi melakukan kegiatan gotong royong membersihkan puing-puing bangunan rumah milik bapak Karni warga Desa Blambangan, Kecamatan Muncar yang ambruk dan rusak parah akibat tertimpa pohon, Senin (01/06/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Komandan Koramil (Danramil) 0825/17 Muncar, Letda Inf Moch Mohklis mengarahkan sejumlah Babinsa bersama warga Desa Blambangan bahu-membahu melaksanakan kerja bakti membersihkan puing-puing atap rumah yang roboh. Selain anggota TNI, kegiatan ini juga dihadiri Kepala Desa beserta perangkat, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Muncar, dan karang taruna Desa Blambangan juga ikut terlibat.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kemanusiaan dan rasa sosial kami terhadap korban rumahnya yang ambruk tertimpa pohon randu. Minimal dengan gotong royong ini dapat meringankan beban korban,” ucap, Letda Inf Moch Mohklis, Danramil 0825/17 Muncar.

Setelah kegiatan gotong royong selesai, dilanjutkan perbaikan rumah yang rusak, agar supaya rumah dapat ditempati lagi.

Baca Juga: Koramil Glenmore Tinjau Pembentukan Kampung Tangguh Cegah Covid-19

Untuk menunjang ketersedian logistik dan kosumsi, ibu-ibu dari Pemberdayaan Kesehjateraan Keluarga (PKK) Desa Blambangan juga ikut andil membantu kegiatan gotong royong. Mereka memasak untuk sarapan pagi, memberikan ekstra fooding (bubur kacang hijau), menyiapkan minuman teh, dan kopi untuk para anggota TNI dan masyarakat yang ikut terlibat dalam kegiatan gotong royong.

“Gotong royong adalah kegiatan yang dilakukan bersama-sama dan bersifat suka rela. Agar kegiatan yang di kerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan. Manfaat gotong royong untuk menumbuhkan sikap saling tolong menolong, saling membantu, membina hubungan sosial yang baik,” kata Babinsa Desa Blambangan, Sertu Kasiyanto.

Pemilik rumah, Karni menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota TNI dan masyarakat serta sejumlah elemen yang terlibat dalam aksi gotong royong membersihkan puing-puing rumahnya yang ambruk. Sehingga rumah miliknya yang sebelumnya ambruk bisa kembali ditempati bersama keluarganya.

“Kami beserta keluarga hanya bisa mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada selurah anggota TNI, dan masyarakat sini yang telah melakukan gotong royong memperbaiki rumah saya yang roboh. Tanpa bantuan dari bapak-bapak ini rumah saya belum bisa ditempati. Tapi Alhamdulillah sebentar lagi sudah bisa ditempati,” kata Karni dengan nada bangga.

Sementara itu, salah seorang pemuda Desa Blambangan juga mengapresiasi langkah, dan semangat yang dilakukan oleh anggota TNI Kodim 0825 khusunya Koramil Muncar. Peran serta dan kepedulian anggota TNI dalam melakukan aksi gotong royong membantu warga yang sedang kesusahan, sangat dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan.

“Kami sebagai pemuda Desa sekaligus mewakili Karang Taruna mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada anggota TNI 0825 dan Babinsa khususnya yang telah peduli kepada warganya yang sedang kesusahan dan membutuhkan bantuan. Sekarang rumah pak Karni sudah bisa ditempati lagi,” ujar, Rudy pemuda Desa Blambangan.

Aksi semangat gotong royong yang dilakukan oleh anggota TNI 0825 dengan warga merupakan bentuk pengabdian seluruh prajurit TNI sebagai pelayan masyarakat. Diharapkan dengan gotong royong mampu menggelorakan kebersamaan antara TNI dan rakyat, agar supaya komunikasi dapat terjalin dengan baik sehingga dapat menyelesaikan berbagai persoalan sosial di masyarakat.

“Semangat gotong royong ini perlu dijaga untuk menangani permasalahan sosial ditengah-tengah masyarakat. Sebagai prajurit TNI, sudah menjadi keharusan berada ditengah-tengah masyarakat. Karena TNI dari rakyat, dan untuk rakyat. Maka dari itu wajib bagi kami prajurit TNI berada ditengah-tengah rakyat untuk membantu mereka,” tegas, Peltu Imam, Batuud Koramil Muncar. (red)

_blank

Kabar Terkait