oleh

Banyuwangi Punya Alat PCR Sendiri, Bisa Lakukan Tes Swab Mandiri

KabarBanyuwangi.co.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi kini telah memiliki alat tes Polymerase Chain Reaction atau biasa disebut dengan PCR. Dengan adanya alat ini Banyuwangi bisa melakukan tes swab sendiri tanpa harus mengirimkan sampel ke Surabaya atau Jakarta. Alat tes PCR ini merupakan bantuan yang diterima Pemkab Banyuwangi dari pihak ketiga.

Menurut keterangan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Widji Lestariono, yang juga Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, alat tes PCR yang dimiliki saat ini perizinanya sedang diproses.

“Jadi kita sudah punya satu mesin PCR dan ini ditempatkan di Labkesda. Akan tetapi sudah bisa kita lakukan (tes), karena kita sudah dalam tahap uji coba,” tegas Alumni universitas Airlangga ini, Jumat (25/9/2020).

Baca Juga: Bupati Anas Ajak Pemuda Budha Ikut Kawal Protokol Kesehatan Covid-19

Baca Juga: Suasana Haru Warnai Pertemuan Tenaga Kesehatan Pejuang Lawan Covid-19 di Banyuwangi

Dokter yang lebih familiar dipanggl Rio ini menambahkan, uji coba alat tes PCR sudah dilakukan sejak awal pekan. Jumlah sampel harian di Banyuwangi totalnya mencapai 200 sampai 300 sampel swab.

“Jumlah sampel harian ini masih akan meningkat terus. Menyusul banyaknya jumlah tes yang akan dilakukan. Karena memang akan kita tingkatkan terus (pelaksanaan tesnya),” tambahnya.

Alat tes PCR ini, lanjut Rio memiliki kapasitas kemampuan memeriksa 60 sampel per hari. Namun, dalam waktu dekat, alat PCR akan di upgrade dengan penambahan alat pendukungnya.

“Kita berharap dengan penambahan alat pendukung, kemampuan alat tes PCR akan lebih meningkat dan bisa memeriksa sampai 500 sampel per hari,” ujar Rio.

Baca Juga: Banyuwangi Salurkan BLT DD Tahap II Bagi Warga Terdampak Covid

Rio menjelaskan, hasil test PCR ini sebenarnya bisa diketahui dalam hitungan jam saja. Namun demikian semuanya tergantung dari jumlah sampel yang diperiksa.

“Contonya, tes PCR yang dikirim ke Surabaya bisa memakan waktu 3 hingga 4  hari untuk mendapatkan hasilnya. Itu dikarenakan sampel yang menumpuk, waktu perjalanan, dan juga antrian pemeriksaannya. Jika memang antriannya tidak terlalu banyak, bisa dilakukan dengan cepat dapat diketahui hasilnya,” jelasnya. (man)

_blank

Kabar Terkait