Ucapan Ipuk Sugirah

Bedah Rumah Janda Asal Banyuwangi oleh Ikawangi Balikpapan, Kalimantan TimurIkawangi Balikpapan


Bedah Rumah Janda Asal Banyuwangi oleh Ikawangi Balikpapan, Kalimantan Timur

Keterangan Gambar : Bedah Rumah Janda asal Banyuwangi di Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto: Istimewa)

KabarBanyuwangi.co.id – Keberadaan dua orang janda asal Banyuwangi di Balakpapan, diketahui anggota Ikawangi Balikpapan bernama Suwito dan Eko. Kemudian mereka ramai-ramai mendatangi lokasi rumah tersebut, ternyata ada dua orang janda yang sudah sepuh dan yang masih muda.

Mereka adalah Ibu Suminah (80 tahun) yang sudah lama suaminya meninggal dunia, dan anaknya Srinatuin (47 tahun) janda cerai. Keduanya tinggal di KM. 19 RT.58 Kelurahan Karangjoang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

Selain kondisi rumah tempat tinggalnya yang memprihatinkan, atau tidak layak. Lokasinya juga jauh dari jalan umum, sehingga nyaris tidak diketahui keberadaanya. Anggota Ikawangi yang silatuirahmi ke lokasi, mendapati salah seorang penghuni, yaitu Srimatun sudah sakit selama dua bulan.

Baca Juga :

Keluhannya tidak bisa makan, hingga badannya sangat kurus. Kemudian Ikawangi Balikpapan membawa ke rumah sakit terdekat, untuk mendapatkan perawatan. Setelah dirawat di rumah sakit, kondisi kesehatannya mulai membaik. 

Kedua janda tersebut, sudah lama tinggal di areal Kebun Kelapa Sawit, karena suaminya bekerja di perkebunan tersebut. Namun sejak suami Suminah meninggal dan Srinatun bercerai, keduanya tetap tinggal di tempat tersebut.

Suminah mengakui berasal dari Desa Blokagung, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi. Melihat kondisi tempat tinggal yang memprihatinkan, Ikawangi Balikpapan langsung menggelar kegiatan Bedah Rumah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Ikawangi Balikpapan, AKBP Suyitno, SH M.Hum, Sekretaris Umum, Supandi, SZ.Pd, Anggota Kesenian Sritanjung dan sejumlah pengurus Ikawangi Balikpapan.

Bedah rumah dimulai pukul 09.00 sampai dengan 17.30 WITA, Minggu 17 Januari 2021. Namun akibat cuaca hujan, pekerjaan Bedah Rumah hanya mampu menyelesaikan 70 persen dari perencanaan. Dalam waktu dekat, pekerjaan Bedah Rumah akan dilanjutkan lagi hingga selesai.

Ikawangi Balikpapan juga sedang mengupayakan bantuan lain, kepada kedua janda tersebut. Baik berkoordinasi denghan Dinas Sosial Kota Balikpapan, juga membantu menyambungkan dengan keluarganya yang ada di Banyuwangi.

(Penulis: Budi Purnomo Sakti, Ketua Harian Ikawangi, Balikpapan asal Tegaldlimo, Banyuwangi)