Iklan Atas ASTON Banyuwangi

Berseragam Khas Using, Ratusan PPS Resmi Dilantik KPU Banyuwangi di Tempat IkonikKPU Banyuwangi


Berseragam Khas Using, Ratusan PPS Resmi Dilantik KPU Banyuwangi di Tempat Ikonik

Keterangan Gambar : Anggota PPS terpilih berseragam khas Using dalam prosesi pelantikan di Taman Blambangan. (Foto: Fattahur)

KabarBanyuwangi.co.id - Sebanyak 651 petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Banyuwangi, yang telah dinyatakan terpilih sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu 2024, resmi dilantik.

Ratusan anggota PPS yang dilantik, kompak mengenakan pakaian khas warga Using Banyuwangi. Prosesi pengambilan sumpah dan janji berlangsung di Taman Blambangan, Selasa (24/1/2023).

Anggota PPS laki-laki mengenakan setelan baju adat hitam-hitam lengkap dengan udeng (penutup kepala). Sedangkan kebaya hitam dipadu dengan kain batik untuk perempuan.

Baca Juga :

Komisioner KPU Banyuwangi, Dian Purnawan menuturkan, pelantikan mengenakan pakaian adat ini merupakan instruksi KPU RI.

Selain pakaian, KPU di daerah juga diwajibkan memilih tempat ikonik yang menunjukkan identitas suatu daerah. KPU Banyuwangi memilih Taman Blambangan untuk menampung seluruh peserta pelantikan anggota PPS.

"Kami ingin menunjukkan adat Banyuwangi kepada masyarakat luas, khususnya untuk KPU RI. Karena pimpinan kami menginstruksikan untuk prosesi pelantikan dilakukan di tempat ikonik, menunjukkan adat budaya yang dimiliki masing-masing daerah," jelasnya.

Dian menyebut, dari 651 anggota PPS yang dilantik, mereka akan ditempatkan di 217 desa/kelurahan yang ada di kabupaten Banyuwangi. Per desa diisi 3 anggota PPS.

Pasca dilantik, tugas pertama bagi anggota PPS adalah berkoordinasi dengan pemerintah desa. Di antaranya seperti berkoordinasi kantor sekretariat. Selanjutnya merekrut 1 orang sekretaris dan 2 staf kesekretariatan.

"Tentu ini perlu dukungan dari pemerintah desa dan itu perlu dikoordinasikan," ujarnya.

Kemudian, masih kata Dian, pada tanggal 26 Januari mendatang, anggota PPS memulai tahapan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Perekrutan Pantarlih disesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara. Di Banyuwangi total ada 5.195 Pantarlih yang akan direkrut.

"Nantinya dibarengkan dengan pemutakhiran data. Ini bagian dari kerja cepat dari PPS. Semoga mereka bisa kerja secara maksimal dan profesional di tiap-tiap desa/kelurahan," tandasnya. (fat)