oleh

Bertemu Perwakilan Seniman, Ipuk Disambut Tembang Srikandi Banyuwangi

KabarBanyuwangi.co.id – Bakal Calon Bupati (Bacabup) Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas bersilaturahim dengan perwakilan seniman di Sanggar Seni Cipta Budaya Laras, di Dusun Cemetuk, Desa Cluring, Kecamatan Cluring, Senin (21/9/2020). Dalam silaturahmi dengan para seniman, Ipuk juga didampingi oleh Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup), Sugirah.

Kedatangan istri Bupati Banyuwangi Abdullah Awar Anas bersama pasangannya ini disambut tembang Srikandi Banyuwangi, ciptaan dalang Ki Heri Prasetyo. Acara silatrahmi itu dihadiri oleh perwakilan seniman lawak, janger, wayang, musisi, jaranan buto, kerawitan, dan lainnya.

“Di sini perwakilan seniman dari berbagai bidang berkumpul. Ini cara para seniman Banyuwangi untuk menyambung silaturahmi melalui budaya,” kata Ki Heri, yang juga pemilik sanggar Seni Cipta Budaya Laras.

Baca Juga: Yusuf Widyatmoko Merasa Diselamatakan oleh Partai Pengusung Hingga Menjadi Calon Bupati Banyuwangi

Baca Juga: Bersama Warga, Ipuk Fiestiandani Galakkan Gerakan Belanja ke Warung Tetangga

Ki Heri menambahkan, dirinya berharap agar Ipuk-Sugirah terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Banyuwangi, dan melanjutkan citra positif seni budaya Banyuwangi. Sebab, selama kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas, telah berhasil mengangkat citra kebudayaan dan kesenian daerah Banyuwangi hingga terkenal di tingkat nasional bahkan internasional.

“Telah banyak seniman Banyuwangi yang dikirim ke berbagai negara untuk tampil di pentas seni dunia,” tambah Ki Heri.

Baca Juga: KPU Sosialisasikan Aturan Pilkada Serentak, Kesehatan Masyarakat Jadi Prioritas

Selama ini, lanjut Ki Heri, pemerintah kabupaten Banyuwangi menaruh perhatian sangat besar terhadap seni budaya. Banyak pagelaran seni budaya yang ditampilkan dan dikemas apik, sehingga para pelaku seni di Banyuwangi mendapat ruang yang sangat besar untuk berkreasi. Maka dari itu, apa yang telah dilakukan oleh Banyuwangi selama selama sepuluh tahun terakhir, harus dilanjutkan.

“Hasilnya seniman bisa ikut merasakan berkahnya, dengan banyak tampil di berbagai event. Bahkan banyak yang diundang ke berbagai daerah, Kami yakin Ibu Ipuk dan Pak Sugirah bisa melanjukan kesinambungan itu, bahkan bisa lebih baik lagi. Saat ini seniman Banyuwangi tetap kompak dan bersatu untuk tetap memajukan dan membesarkan kesenian daerah,” ujar Ketua Badan Kesenian Nasional (BKN) Banyuwangi itu.

(Foto: istimewa)
(Foto: istimewa)

Sementara itu, Ipuk Fiestiandani mengatakan, seni budaya merupakan potensi besar Banyuwangi, sehingga perlu terus dikembangkan. Menururtnya, selama ini Banyuwangi telah menjadikan seni budaya menjadi salah satu sektor yang terus dikembangkan.

Hasilnya dengan keseriusan itu, kini banyak tumbuh sanggar-sanggar seni di Banyuwangi. Anak-anak muda Banyuwangi juga percaya diri membawa budayanya.

“Salah satu program kami adalah mengembangkan potensi seni budaya, terutama untuk regenerasi. Kami menyiapkan Insentif Plus untuk seniman dan budayawan, mulai dari peningkatan kesejahteraan hingga keilmuan melalui beasiswa sekolah seni,” kata Ipuk, yang juga Ketua PKK Kabupaten Banyuwangi ini. (red)

_blank

Kabar Terkait