oleh

Dampak Haji Batal Berangkat, Pengrajin Songkok Beralih Produksi Face Shield

KabarBanyuwangi.co.id – Pembatalan ibadah haji tahun 2020 yang di umumkan oleh pemerinth akibat pandemi Covid-19, berdampak pada pengrajin songkok bambu di Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi.

Jika biasanya jelang datangnya musim haji (hajian), pesanan songkok bambu menggeliat, namun saat ini pesanan songkok bambu yang biasanya untuk oleh-oleh usai menjalankan ibadah haji, nyaris tidak ada pemesan.

Menurut salah satu pengrajin bumbu, Untung Hermawan, agar usahanya tetap berjalan disaat masa pandemi Covid-19, dirinya bersama pengrajin lain di Desa Gintangan mulai berpindah haluan. Sejak beberapa waktu lalu, dirinya memproduksi face shield atau pelindung wajah dengan tetap mempertahankan aksen anyaman bambu dibagian depan berbentuk melingkar.

“Biasanya menjelang musim hajian orderan songkok bambu ramai, tapi sekarang sejak ada pembatalan pemberangkatan ibadah haji, yang order songkok tidak ada, banyak yang di cancel. Ya terpaksa kami pindah haluan produksi alat pelindung muka dari bambu,” kata pengrajin yang lebih akrab dipanggil Untung, Minggu (14/6/2020).

Untung Hermawan, pengrajin, sedang mengenakan pelindung wajah (face shield). (Foto: man)

Untung Hermawan menambahkan, menyusul rencana pemerintah akan memberlakukan penerapan new normal atau tatanan baru, saat ini orderen pelindung wajah hasil kresinya mulai kebanjiran pesanan. Mulai dari intansi pemerintah, swasta, sekolah, dan berbagai perusaahan, serta perhotelan.

‘Karena ada imbauan dari pemerintah adanya new normal, kami berinisiatif membuat pelindung wajah saya dikombinasikan dengan anyaman bambu dibagian depanya. Alhamdulillah, ternyata direspon pasar, sekarang banyak pesanan,” tambah Untung dengan nada bangga.

Untuk satu face shield dengan sentuhan anyaman bambu yang fashionable, untung membandrol harga yang bisa dibilang relatif sangat murah, yaitu Rp 20 ribu per satu unitnya. Namun jika pembelian dalam jumlah banyak, atau grosir, harganya bisa turun lebih murah. (man)

_blank

Kabar Terkait