oleh

Dharma Bakti Kepada Masyarakat, Kodim 0825 Banyuwangi Renovasi Mushola

KabarBanyuwangi.co.id – Komando Distrik Militer (Kodim) 0825 Banyuwangi terus melakukan kegiatan sosial dharma bakti TNI kepada masyarakat. Guna mendukung kegiatan masyarakat dalam hal keagamaan, jajaran Kodim 0825 Banyuwangi memberikan bantuan renovasi mushola.

Seperti di mushola khusus perempuan di Lingkungan Krajan, Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri ini, tempat ibadah yang sebelunya kurang layak, setelah di renovasi secara menyeluruh, dan diberi sentuhan warna hijau, kini kondisinya sudah jauh dari layak.

Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto usai meresmikan mushola mengatakan, bantuan renovasi mushola ini merupakan wujud dharma bakti TNI kepada masyarakat. Bantuan renovasi musola ini tidak hanya di wilayah Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri, melainkan juga di wilayah Kecamatan Kalipuro.

“Ya, ini salah satu program dharma bakti TNI kepada masyarakat dalam wujud karya bakti. Dalam kesempatan ini kita rehab mushola. Memang ada dua mushola yang kita rehab di Kecamatan Giri, salah satunya di Kelurahan Bayolangu ini. Alhamdulillah dapat kita realisasikan, dan laksakan dengan lancar meskipun dalam kondisi Covid-19,” kata Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto S.I.P, Sabtu (4/7/2020).

Baca Juga: Dandim 0825 Beserta Pasukan TNI Serbu Rumah Dinas Kapolresta Banyuwangi

Baca Juga: Sambut New Normal, Santri Wajib Ikuti Protokol Covid-19 di Lingkungan Masjid

Baca Juga: Koramil dan Polsek Sinergi Senam Bersama Jaga Imunitas Hadapi Covid-19

Tidak hanya bantuan renovasi mushola, Dandim 0825 Banyuwangi beserta jajaran juga memberikan bantuan berupa paket sembako kepada warga kurang mampu. Diharapkan bantuan sembako yang diberikan sedikit bisa mengurangi beban warga, imbas wabah pandemi Covid-19.

“Progam kedepan kita akan terus berusaha membantu, dan mencari mushola yang tidak layak untuk kita renovasi. Semoga kita diberikan kesempatan untuk berbakti kepada rakyat. Selama kita masih ada di sini, diminta atau tidak, kita akan terus berusaha membantu utamanya untuk mushola. Tadi kita juga beri bantuan sembako untuk masyarakat sekitar, juga Al-Qur`an, dan karpet untuk mushola,” ujar Dandim.

Dandim 0825 Banyuwangi memberikan sambutan saat peresmian mushola Nurul Hidayah Mudawamah. (Foto: istimewa)
Dandim 0825 Banyuwangi memberikan sambutan saat peresmian mushola Nurul Hidayah Mudawamah. (Foto: istimewa)

Dengan renovasi tempat ibadah ini, diharapkan dapat memotivasi masyarakat setempat untuk meningkatkan iman dan takwa dalam menghadapi masa pandemi, dan sekaligus untuk mengkader generasi muda yang lebih berakhlak. Sebab tempat ibadah seperti mushola tidak hanya digunakan sholat, melainkan juga untuk mendidik anak-anak dalam menimba ilmu agama.

“Yang terakhir kami harapkan mushola ini bermanfaat untuk masyarakat. Mohon maaf, percuma kalau musholanya bagus tapi tidak dimanfaatkan, jamaahnya tidak ada. Muda-mudahan mushola ini selain untuk beribadah juga digunakan untuk mengaji, mendidik anak-anak dalam menimba ilmu agama, sekaigus membangun moral dan ahlak anak-anak kita,” harap Dandim diakhir sambutanya di depan para jamaah yang hadir dalam acara peresmian.

Sementara itu, ketua RW mewakili seluruh jamaah di Lingkunan Krajan Boyolangu berterima kasih atas bantuan yang diberikan Kodim 0825 Banyuwangi. Terlebih bantuan renovasi dilakukan secara menyeluruh, tentunya butuh biaya yang cukup besar. Masyarakat merasa sangat terbantu mendapat solusi yang tepat setelah sekian lama berjibaku mencari bantuan untuk renovasi mushola yang saat ini diberi nama, Nurul Hidayah Mudawamah ini.

“Kami mewakili masyarakat sangat berterima kasih banyak kepada Komandan Kodim 0825 Banyuwangi atas bantuan yang dberikan untuk rehab mushola. Sehingga sekarang musholanya sudah bagus tidak seperti sebelumnya. Awalnya kurang layak, sekarang sudah sangat bagus, dan layak untuk digunakan beribadah, untuk ngaji bagi anak-anak kita,” terang Moh Imron, Ketua RW Lingkungan Krajan Boyolangu dengan nada bangga. (man)

_blank

Kabar Terkait