oleh

Disbudpar Gelar Bimtek, Efektifkan Promosi Wisata Melalui Media Sosial 

KabarBanyuwangi.co.id – Media sosial atau Medsos, memegang peranan penting dalam era teknologi komunikasi sekarang ini. Medsos juga menjadi sarana paling efektif dan efisien untuk berpromosi apapun. Begitu juga untuk mempromosikan tempat wisata dan keindahan alam, pemanfaatannya menjadi sangat strategis.

Mengingat pentingnya promosi wisata melalui Medsos, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pembuatan konten promosi melalui Medsos. Sebanyak 60-an orang dari Generasi Pariwisata Indonesia (Genpi) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mengikuti acara tersebut di Pelinggihan Disbudpar pada Senin, (5/10/2020).

Baca Juga: DKB Diminta Luruskan Kesenian Tradisional Banyuwangi Sesuai Pakem

Baca Juga: Kemenparekraf Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Gerakan Indonesia BISA

Baca Juga: Tingkatkan SDM Pariwisata, Disbudpar Gelar Berbagai Pelatihan

Hadir sebagai pemateri, Fotografer profesional Rendra Kurnia dan pegiat medsos Hikmah dan Anjar, memberikan arahan untuk promosi dengan menggunakan sosial media. Pemateri menerangkan teknik pengambilan gambar, tips menulis caption serta teori khusus promosi di media sosial agar akun medsos tampil lebih menarik.

“Teknik pengambilan gambar, harus memperhatikan angle atau sudut pandang. Jika sudah paham dan tau anglenya, pasti hasilnya akan menarik minat yang melihat foto tersebut. Gambar bagus tidak harus menggunakan Camera DSLR, dari kamare handphone asal benar sudut pandangnya akan menghasilkan gambar yang bagus,” ujar Rendra Kurnia.

Kang Edi sebagai penggerak medsos akun Kemiren, mengaku senang mengikuti Bimtek ini.

“Kegiatan bimtek ini sangat membantu, karena pada era saat ini apa pun bergerak lewat media social. Selain itu, juga calon wisatawan bisa menemukan desa atau tempat yang lokasinya jauh dari kota, melalui Google Maps atau nomor yang sudah tertera pada media social,” katanya.

Bimtek Pembuatan Konten Promosi di Pelinggihan Budhaya, Kantor Disbuspar Banyuwangi. (Foto: bud)
Bimtek Pembuatan Konten Promosi di Pelinggihan Budhaya, Kantor Disbuspar Banyuwangi. (Foto: bud)

Kegiatan yang dilaksanakan untuk membantu sektor pariwisata Banyuwangi, dalam promosi pariwisata melalui medsos memang dalam situasi di tengah pandemi saat ini sangat efektif. Mengingat kunjungan wisata menurun drastis, namun tidak sedikit para wisata beralih ke distinasi wisata desa.

Bidang Pemasaran Disbudpar Banyuwangi, Ainur Rofiq menjelaskan, bimtek ini merupakan rangkaian dari kegiatan peningkatan SDM yang dilakukan Disbudpar Banyuwangi, menghadapi pasar pariwisata 2021 mendatang.

“Disbudpar sudah mempersiapkan berbagai kegiatan pelatihan, untuk peningkatan kemampuan SDM. Salah satunya pelatihan ini,” jelasnya. (bud)

_blank

Kabar Terkait