oleh

Gudang Rongsokan Plastik di Desa Sarimulyo, Cluring Terbakar

KabarBanyuwangi.co.id – Kebakaran hebat melanda gudang rongsokan plastik di Dusun Sempu, Desa Sarimulyo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Rabu (19/8/2020) malam. Kobaran api disertai kepulan asap hitam pekat tampak membumbung tinggi ke udara. Kebakaran gudang rongsokan milik Sutikno ini membuat panik warga, sebab gudang berada dekat pemukiman padat penduduk.

Selain itu, banyaknya limbah plastik dan sampah yang terbakar, membuat api tidak mudah dijinakkan. Kencangnya angin yang berhembus juga menjadi penyebab api kian cepat membesar, meski sudah berulang kali di siram dengan air oleh warga.

Belum diketahui apa penyebab pasti terjadinya kebakaran ini. Diduga kebakaran disebabkan adanya sisa-sisa pembakaran sampah oleh warga di sekitar gudang yang merembet ke tumpukan limbah plastik di halaman luar kawasan gudang.

”Dugaan sementara ada warga yang bakar-bakar sampah di dekat tumpukan limbah plastik, tapi tidak diawasi. Mungkin apinya merembet hingga terjadi kebakaran. Untungnya tadi petugas damkar dan warga cepat-cepat memutus api hingga tidak sampai membakar bangunan utama gudang. kata AKP Bejo Madrias, Kapolsek Cluring.

Baca Juga: Diduga Korsleting Listrik, Rumah Kos di Kawasan LCM Ketapang Terbakar

Baca Juga: Gudang Peralatan Dekorasi Ludes Dilalap Si Jago Merah, Satu Mobil Ikut Hangus Terbakar

Kapolsek menambahkan, tidak sampai setengah jam, petuas berhasil menjinakkan api dengan mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran.

Tim Unit Reskrim Polsek Cluring yang tiba di lokasi kejadian memastikan kebakaran tidak sampai memakan korban. Dari hasil penyelidikan sementara, kebakaran diduga disebabkan adanya kelalaian warga yang tidak mengawasi sisa pembakaran sampah di sekitar gudang.

“Tidak ada korban, rumah-rumah warga di sekitar lokasi juga aman. Dugaanya ada warga yang lalai tidak ngawasi sisa pembakaran sampah,” jelas Kapolsek.

Petugas Damkar berusaha mencari sisa titik api. (Foto: man)
Petugas Damkar berusaha mencari sisa titik api. (Foto: man)

Hingga, Kamis (20/8/2020) dini hari, petugas pemadam kebakaran dan polisi masih siaga di lokasi untuk mencari titik-titik api dan kepulan asap yang berpotensi bisa timbul kebakaran lagi. Meski tidak sampai menelan korban, akibat kebakaran ini pemilik gudang mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.

”Ya meski sudah menjadi limbah tapi kalau dijual bisa menjadi uang. Kerugian ditaksir mencapai jutaan. Kita imbau warga agar hati-hati ya kalau bakar-bakar sampah, jangan ditinggal begitu saja. Harus diawasi agar tidak sampai menimbulkan musibah,” pungkas Kapolsek. (man)

_blank

Kabar Terkait