oleh

Hadapi New Normal, Anggota TNI Koramil Kabat Gencar Sosialisasi dan Edukasi ke Warga

KabarBanyuwangi.co.id – Dalam rangka mengahadapi era new normal atau tatanan baru, Komandan Koramil (Danramil) 0825/14 Kecamatan Kabat yang diwakili Babinsa melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di Desa Pondoknongko. Kegiatan yang berlanghsung di Aula kantor Desa Pondoknongko ini juga dihadiri kepala Desa, dan perangkat Desa setempat, serta para ibu-ibu dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Rabu (3/6/2020).

Sosialisasi new normal atau tatanan normal baru ini sangat penting, karena banyak warga utamanya yang ada di Desa belum mengerti akan bahaya virus corona atau Covid-19. Tugas dan kewajiban Babinsa selaku aparat petugas posko Covid-19 di tingkat Desa terus berupaya menjalankan tugas sesuai koridor dan aturan yang berlaku, yaitu pedoman protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19.

Baca Juga: Aksi Gotong Royong Anggota TNI Bersama Warga, Diapresiasi Elemen Masyarakat

Kepada warga, Babinsa Kabat Serma Abdillah Hasani menyampaikan hal-hal yang harus dilakukan saat menjalani new normal, yaitu tetap melakukan physical distancing atau jaga jarak fisik saat berada ditempat keramaian. Warga juga diharuskan selalu  memakai alat pelindung diri berupa masker, dan membiasakan cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir.

“Warga diwajibkan selalu menggunakan masker saat berada di rumah ataupun di luar rumah. Yang tidak kalah penting warga juga selalu membawa hand sanitezer untuk membersihkan kedua tangan usai menyentuh benda, dan membatasi aktivitas di luar rumah. Kalu bisa belanja online atau mencari toko yang terdekat untuk menghindari keramaian,”ucap Serma Abdillah Hasani, Babinsa Kabat.

Babinsa Desa Pondoknongko juga menghimbau kepada semua warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, saat memasuki era new normal. Disarankan seluruh warga yang akan menjalankan Ibadah sholat di masjid agar supaya membawa perlengkapan dari rumah masing-masing.

“Kami sarankan seluruh warga apabila ke masjid agar membawa sajadah dan alat perlengkapan sholat sendiri. Tidak usah salaman, langsung pulang ke rumah setelah melaksanakan salat. Apabila warga sedang berpergian atau keluar rumah wajib menggunakan masker, sarung tangan, hand sanitizer, peralatan makan serta membawa minuman sendiri,” kata Babinsa Desa Pondoknongko, Serda Ahmad Fauzi.

Baca Juga: Ditengah Pandemi Covid-19 Anggota Kodim 0825 Banyuwangi Tetap Laksanakan Semapta Periodik Dengan Protokol Kesehatan

Kepala Desa Pondoknongko menyambut baik kegiatan yang digelar oleh anggota Koramil 0825/14 Kecamatan Kabat ini. Dengan adanya sosialisasi, dan edukasi maupun himbaun yang diberikan oleh anggota TNI tentang pentingnnya menerapkan protokol kesehatan Covid -19 yang ketat untuk mengahadapi new normal atau tatanan baru.

“Kami sebagai kepala Desa Pondoknongko mengucapkan terima kasih kepada anggota TNI terutama para Babinsa untuk memberikan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat yang berada di pelosok Desa yang belum mengerti apa itu new normal. Diharapkan dengan sosialisasi, dan edukasi bisa diterapkan oleh warga dalam mengahadapi tatanan baru ini,” kata Handupan, Kades Pondoknongko.

Sosialisasi dan edukasi new normal akan terus dilakukan oleh Babinsa secara berkesinambungan. Hal ini sebagai wujud dukungan Babinsa terhadap program pemerintah, sekaligus mengajak kepada semua warga desa binaannya untuk bersama-sama menyadari pentingnya protokol kesehatan Covid-19.

Sebab setiap komponen bangsa harus tetap menjalankan perannya di tengah pandemi Covid-19. Baik dalam sektor perekonomian, industri pangan maupun komponen lainnya, guna mendukung pemerintah dalam rangka menjaga daya dan fungsi untuk menyelamatkan kehidupan warga Desa.

New Normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona atau Covid-19. (red)

_blank

Kabar Terkait