oleh

HUT Bhayangkara, Warga Dapat Kado SIM Gratis

KabarBanyuwangi.co.id – Bertepatan di hari ulag tahun Bhayangkara ke-74, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banyuwangi, memberikan layanan Surat Ijin Mengemudi (SIM) gratis bagi pemohon yang lahir tepat pada taggal 1 Juli.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin melalui Kasatlantas Kompol Kadek Ari Mahardika mengatakan, SIM gratis ini khusus diberikan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74. Total ada 26 warga Banyuwangi yang berhak menerima layanan khusus SIM gratis.

Meski mendapatkan SIM gratis, warga yang hendak mengurus SIM tetap diwajibkan mengikuti prosedur, yaitu cek kesehatan, cek psikologi dan juga tes teori

“Kami memberikan kado SIM gratis kepada masyarakat yang hari lahir tepat di tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan HUT Bhayangkara. Kita bekerjasama dengan BRI sebagai sponsor. Ada 26 orang yang kita beri SIM gratis. Tapi meskipun gratis, prosedur pembuatan SIM harus diikuti,” kata Kasatlantas, Rabu (1/7/2020).

Mantan Kasatlantas Polres Pasuruan ini menambahkan, layanan SIM di gedung Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) prototype juga tetap memberlakukan protokol kesehatan Covid-19. Seluruh pemohon diwajibkan mengenakan masker saat berada di gedung Satpas.

Bahkan sebelum masuk gedung, Satpas prototype pemohnon harus mengantri dengan menerapkan jaga jarak fisik antar pemohon satu meter, wajib mencuci tangan, diukur suhu tubunya oleh peugas, dan harus melewati bilik desinfektan terlebih dahulu.

“Jadi meskipun kami berikan SIM grats, pemohon tetap melalui prosedur pembuatan SIM, seperti cek kesehatan, psikolog, ujian praktik dan sebagainya, jadi istilahnya gratis tetapi khusus. Di gedung ini para pemohon wajib mengikuti prtokol kesehatan, seperti mengenakan masker, cuci tagnan, jaga jarak, dan diukur suhu tubuhnya,” tambah Kompol Kadek Ari Mahardika.

Sementara, rasa bahagia terpancar di wajah Ayis Zeanet, warga Desa/Kecamatan Rogojampi. Tepat di hari ulang tahunnya yang ke 28, pria yang berprofesi sebagai driver ojek online ini mendapat kado istimewa berupa SIM gratis dari Satlantas Polresta Banyuwangi.

“Alhamdulillah, senang sekali dapat kado SIM gratis mas. Dengan layanan SIM gratis tenntu dapat menyokong profesi saya sebagai ojek online. Apalagi sekarang kondisi ekonomi lagi sulit karena corona. Untuk pelayanannya sangat bagus mas, cepet ngga ribet. Mudah-mudahan kedepanya semakin baik,” ungkap Ayis Zeanet kepada sejumlah wartawan.

Kasat Lantas Polresta Bayuwangi mengimbau kepada masyarakat utamanya pengendara bermotor agar tetap mematuhi peraturan lalu-lintas, dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara di jalan raya.

“Kami mengimbau kepada pengendara bermotor untuk hati-hat di jalan raya. Yang paling utama harus mematuhi aturan lalu lintas agar selamat semua, baik pengendara maupun orang lain,” tutup Kasatlantas Polresta Banyuwangi. (man)

_blank

Kabar Terkait