oleh

Jaga Imunitas Tubuh, PMM 63 UMM Terjun Langsung dalam Penanaman Tanaman Toga

KabarBanyuwangi.co.id – Awal Tahun ini dunia sedang dihebohkan dengan mewabahnya virus Corona yang berasal dari China, yang berimbas dan menyebar ke Indonesia sejak Awal Maret 2020 kemarin. Kondisi ini memicu kecemasan pada masyarakat luas, tentunya ditambah lagi dengan pernyataan bahwa virus corona belum ditemukan obatnya.

Namun untungnya Indonesia memiliki kekayaan biotik yang begitu beragam termasuk Tanaman TOGA yang dipercaya sejak zaman nenek moyang dapat menguatkan imunitas dalam Tubuh. Tanaman Obat Keluarga atau yang sering disebut dengan Tanaman TOGA merupakan beberapa jenis tanaman obat yang sering kita lihat ada di pekarangan rumah.

Tanaman ini dapat diolah sebagai Jamu, yang dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Hal ini diperkuat oleh ilmuwan-ilmuwan yang meneliti bahwa Tanaman TOGA temasuk ke dalam jenis bahan obat-obatan yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit (Efendi 2013).

Baca Juga: PMM 63 UMM Bagi Masker dan Face Shield Gratis ke Santri TPQ Desa Wringinagung

Baca Juga: Semangat 45 Mahasiswa PMM UMM 63, Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Tower Setinggi 150 Meter di Desa Wringinagung

Ada berbagai jenis tanaman TOGA seperti, kunyit, jahe, temulawak, kencur, dan masih bayak yang lainnya. Dimana dari setiap jenis tanaman tersebut memiliki khasiat yang berbeda-beda. Jika dihubungkan dengan masa pandemi seperti sekarang ini, tanaman TOGA bisa menjadi tanaman yang seharusnya dapat di tanam dan diolah secara individu oleh masyarakat.

Dan Hal inipun yang dilakukan oleh “Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa Kelompok 63 Universitas Muhammadiyah Malang” dibimbing langsung oleh Ibu Novita Ratna Satiti, S.E.,M.M untuk mengedukasi masyarakat sekitar Desa Wringangung.

Proses penanaman tanaman toga di lahan masyarakat. (Foto: istmewa)
Proses penanaman tanaman toga di lahan masyarakat. (Foto: istmewa)

Dibantu oleh Ibu-Ibu PKK Desa, dengan memberikan Edukasi serta Sosialisasi yang meliputi pengenalan Tanaman TOGA, Jenis Tanaman TOGA, manfaat dari Tanaman TOGA, menanam Tanaman bersama hingga cara pengolahan dari Tanaman TOGA.

Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penanaman Tanaman TOGA sebagai salah satu upaya untuk pencegahan penyakit dan penguatan sistem imunitas tubuh secara tradisional dan alami, yang dapat dilakukan dengan mudah pemrosesannya.

(Penulis: Imania Djati Yuliana, Koordinator PMM UMM 63, Grajagan, Banyuwangi)

Redaksi menerima tulisan dari para Netizen, tentang apa saja asal tidak mengandung sara dan ujaran kebencian. Mulai dari Wisata, Kuliner atau cerita perjalanan. Bisa dikirim lewat email redaksi@kabarbanyuwangi.co.id atau melalui WhatsApp (WA) +6289682933707, beserta foto dan keterangannya. Terimakasih.

_blank