oleh

Kasus Positif Corona di Banyuwangi Bertambah Dua

KabarBanyuwangi.co.id – Akhir pekan ini, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi kembali mengumumkan adanya penambahan dua pasien konfirm infeksi virus corona. Dua pasien ini memliki riwayat melakukan perjalanan dari luar kota.

“Hari ini kami laporkan adanya pasien terkonfirmasi covid 19 bertambah dua orang, sehingga kini total di Banyuwangi sudah ada 58 kasus covid 19,” beber Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Sabtu (1/8/2020).

“Dari kasus itu, yang masih dalam perawatan ada 12 orang, sisanya  44 orang telah dinyatakan sembuh,” kata Rio, sapaan akrab Widji Lestariono.

Rio menjelaskan, pasien 57 adalah seorang pria berusia 57 tahun, tinggal di Kecamatan Srono. Bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Muncar, pria ini memiliki riwayat melakukan perjalanan dari Surabaya.

“Tanggal 21 Juli yang bersangkutan mengeluhkan demam pusing, lalu berobat ke salah satu klinik kesehatan. Tak kunjung membaik, pada 29 Juli dirujuk ke RSUD Blambangan. Setelah dilakukan pemeriksaan insentif dan diambil swabnya, hasil laboratorium menunjukkan pria tersebut positif terinfeksi virus Corona,” jelas Rio.

Baca Juga: Pulihkan Lapangan Kerja, Banyuwangi Gandeng DANA Digitalisasi 1.000 UMKM

Baca Juga: Menpar: Pemulihan Sektor Wisata Banyuwangi Buka Kembali Lapangan Kerja

Baca Juga: Rapat Dipimpin Luhut, Dua Menteri hingga Bos Swasta-BUMN Genjot Ekonomi Banyuwangi

Saat ini, pasien 57 dalam perawatan RSUD blambangan. “Kontak erat sebanyak 4 orang telah dipantau petugas kesehatan, dan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Rio.

Sementara pasien 58 adalah pria (30) dan tinggal di Kecamatan Banyuwangi. Pria ini bekerja di salah satu BUMN migas di perairan Gresik.

“Saat akan kembali bekerja, yang bersangkutan disyaratkan perusahaannya untuk melampirkan hasil tes swab, lalu menjalani tes mandiri, dan hasil lab-nya dinyatakan terkonfirmasi covid 19,” jelas Rio.

Saat ini, lanjut Rio, gugus tugas sedang melakukan tracing untuk menginventarisir kontak erat dari pasien baru ini.

“Tracing terus kita kembangkan. Kami kembali mengimbau masyarakat untuk jangan lengah, terus patuhi imbauan pemerintah. Masker gunakan, cuci tangan sesering mungkin, dan jauhi kerumunan” pungkas Rio. (hms)

_blank

Kabar Terkait