oleh

Keren! Cegah Pelanggaran Pilkada, Panwaslu Sempu Produksi Film Humor

KabarBanyuwangi.co.id – Untuk meminimalisir potensi pelanggaran dalam Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Banyuwangi, Panwaslu Kecamatan Sempu, mengantisipasinya dengan membuat media sosialisasi pencegahan berupa film pendek humor.

Film pendek bergaya humor sengaja dipilih karena media ini dinilai sebagai alat sosialisasi paling tepat, dan strategis. Dengan menggunakan platfrom media sosial, seperti youtube. Film ini diyakini akan lebih dekat dengan masyarakat, karena pesan yang disampaikan juga mudah diakses oleh siapapun, dan dimanapun.

Menurut ketua Panwaslu Kecamatan Sempu, Ryan Ahmadi, ide awal pembuatan film pendek ini berangkat dari kekhawatiran akan munculnya potensi pelanggaran pemilihan yang harus dicegah sejak awal dengan media sosialisasi yang tepat.

“Apalagi saat ini tahapan pemutakhiran, dan penyusunan daftar pemilih, coklit oleh PPDP sangat riskan. Awal muncul persoalan daftar pemilih setiap pemilu atau pemilihan yang dari tahap ini, maka perlu sosialisasi sekaligus pencegahan agar proses pemutakhiran daftar pemilih kali ini harus sesuai dengan regulasi yang ada, tidak boleh main main lagi,” jelas Ryan.

Baca Juga: Bawaslu Kabupaten Banyuwangi Aktifkan Lagi Pengawas Pemilu Ad hoc Pilkada 2020

Baca Juga: Komisi I DPRD Banyuwangi Rakor Kesiapan Lanjutan Tahapan Pilkada Tahun 2020 Bersama KPU

Ryan menambahkan, film dengan menggunakan dialektika Jawa Timuran ini membutuhkan waktu seminggu untuk persiapan, mulai membuat konsep sekaligus mencari talent pengisi. Dengan melibatkan seluruh SDM di kantor Panwascam Sempu, dan bekerjasama dengan sejumlah youtuber se kecamatan, proses pembuatan film pendek ini akan selesai 3 hingga 4 hari.

”Kami bekerjasama dengan komunitas youtuber yang biasa membuat konten sejenis, namanya team krusok. Sehingga semua menjadi mudah dan cepat. Sekarang sedang proses finishing, jika respon masyarakat bagus, pembuatan film pendek humor ini akan kita buat secara kontinyu, butuh support semuanya termasuk like dan subscribe tentunya,” tambahnya.

Proses pembuatan film pendek. (Foto: istimewa)
Proses pembuatan film pendek. (Foto: istimewa)

Sementara, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi mengapresiasi ide kreatif yang dilakukan jajaran adhoc di bawahnya dalam upaya pencegahan.

Menurut Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Datin Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Hasyim Wahid, Panwascam Sempu sudah melakukan ikhtiar kehumasan yang terus digagas Bawaslu Kabupaten Banyuwangi. Salah satunya melakukan sosialisasi sekaligus pencegahan dengan memanfaatkan media sosial, dan bekerja sama dengan masyarakat langsung.

“ide panwaslu Sempu ini kreatif, idenya bisa menjadi contoh bagi panwascam lainnya di Banyuwangi dalam melakukan hal serupa, terutama soal cara kreatif melakukan sosialisasi dan upaya pencegahan yang sesuai dengan ruang dan waktunya. Kita tunggu dan lihat bersama sama nanti, semoga menginspirasi” kata mantan Reporter Televisi ini. (eko).

_blank

Kabar Terkait