oleh

Sumail Abdullah, Bersama KKP Salurkan Ikan Segar ke Warga Miskin Terdampak Covid-19 Untuk Tingkatkan Imunitas

Kabar-Banyuwangi.co.id – Komisi IV DPR RI bersama, Kelautan dan Perikanan (KKP) Jawa Timur  melaksanakan kegiatan bakti sosial di Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Senin (18/5/2020). Sebanyak 6 ton ikan segar dan 1.885 paket berisi produk olahan ikan dibagikan kepada warga masyarakat terdampak Covid-19 yang tidak tersentuh program BLT dan PKH.

Agar tidak terjadi kerumunan banyak orang, petugas KKP dengan didampingi anggota DPR RI komisi IV, dan aparat Desa setempat mendatangi langsung rumah warga untuk mendistribusikan paket tali asih kepada warga yang berhak mendapatkan.

Anggota DPR RI komisi IV yang diwakili oleh, Sumail Abdullah mengatakan, upaya ini sengaja dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19, dengan menerepakan fhysical distancing atau jaga jarak fisik. Selain itu, dengan mendatangi langsung rumah warga terdampak, bantuan menjadi tepat sasaran.

“Ini adalah kegiatan bakti sosial yang dilakukan KKP bersinergi dengan kami di komisi IV DPR RI. Dalam situasi seperti sekarang ini, KKP melalui Balai Karantina Surabaya I mencoba bersimpati kepada masyarakat terdampak Covid-19. Harapanya ikan segar dan produk olahan ikan mampu memberikan tambahan gizi dan imunitas,” ucap Sumail Abdullah.

Politisi partai Gerindra kelahiran Banyuwangi ini melanjutkan, selain warga miskin yang tidak tersentuh program BLT dan PKH, bantuan tali asih juga diberikan kepada Ustadz, guru ngaji dan guru honorer yang tersebar di Kecamatan Wongsorejo. Diharapkan bantuan yang diberikan bisa meringankan beban masyarakat terdampak corona atau Covid-19.

“Selain warga yang tidak tercover BLT dan PKH, bantuan juga diberikan kepada Ustadz, guru ngaji dan honorer. Kasian mereka sebulan cuma digaji Rp 150-180 ribu. Apalagi selama pandemi ini TPA dan TPQ libur, otomatis pendapatan mereka terdampak. Muda-mudahan bantuan ini sedikit meringankan beban hidup warga yang terdampak corona. Apalagi sebentar lagi sudah lebaran, kebutuhan ekonomi jadi meningkat,” tambah Sumail.

Disela-sela pembagian bantuan, anggota DPR-RI Komisi IV, dan petugas KKP juga mengimbau warga masyarakat untuk menaati protokol kesehatan Covid-19. Diantaranya, menjaga kebersihan lingkungan, selalu memakai mesker dan rajin mencuci tangan, serta menerapkan physical distancing atau jaga jarak fisik. Hal ini dilakukan untuk menghindari penularan virus Corona.

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas 1 Surabaya menuturkan, bantuan ikan segar, sarden dan produk olahan ikan berbentuk nugget, sosis ini berasal dari KKP juga dari Corporate Social Responshibily (CSR) para pelaku usaha perikanan.

“Ikan segar yang kami berikan ini sebagain dari CSR para pelaku usaha perikanan. Kami sudah membagikan di 9 titik, di Banyuwangi ini yang paling terakhir. Setiap Kabupaten kami selalu didampingi mitra kami, yang mulai bapak Sumail Abdullah, anggota DPR RI komisi IV. Meski anggaran di KKP dikepras RP 3 triliun, kami tetap didorong untuk terlibat dalam penanganan Covid-19. Dengan banyak mengkonsumsi ikan segar diaharapkan dapat meningkatkan imunitas tubuh,” tegas kepala BKIPM, dan Keamanan Hasil Perikanan, Muhlin, S.Pi, M.Si. (eko)

News Feed