oleh

Mas Yusuf Mendapat Keluhan Warga, Buruknya Kualitas Bangunan Plengsengan

KabarBanyuwangi.co.id – Beberapa kali kesempatan bertemu dan berdialog dengan warga masyarakat, Calon Bupati (Cabup) Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko atau Mas Yusuf, selalu mendapatkan keluhan langsung tentang buruknya kualitas bangunan proyek infrastruktur di Banyuwangi. Seperti dikemukakan H. Dardiri, petani yang melihat langsung proses pembangunan plengsengan irigasi pertanian di Desa Aliyan.

“Proyek-proyek pembangunan infrastruktur, dimohon untuk menunjuk CV yang bonafit. Saya lihat plengsengan di sini kualitasnya sangat buruk, masak baru dibangun kok sudah rontok,” kata H. Dardiri saat ikut pertemuan dengan Mas Yusuf di Dusun Timurejo, Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Selasa (27/10/2020) malam.
Baca Juga: Blusukan ke Kampung-Kampung, Ipuk Fiestiandani Dielukan-Elukan Warga
Baca Juga: KPU Banyuwangi Umumkan Jumlah Daftar Pemilih Tetap

Mendengar keluhan tersebut Mas Yusuf langsung menanggapi dan menjelaskan bahwa sudah menemui sejumlah kontraktor. Ternyata dana yang mereka terima untuk membangun, sudah dipotong oleh oknum di dinas yang memberi pekerjaan. Mereka sebetulnya ingin melakukan pekerjaan dengan baik, tapi dananya tidak mencukupi.

“Kita tidak bisa menyalahkan penuh para kontraktor, mereka juga butuh hasil selama bekerja. Anggaran yang diterima kontraktor selama ini dipotong-potong, sehingga bangunan yang dihasilkan tidak maksimal karena budget mereka sangat minim. Bahkan tidak jarang mereka malah rugi dalam menyelesaikan proyek,” jelas Mas Yusuf.

Mas Yusuf berdiskusi dengan warga Desa Aliyan. (Foto: Tim Yuriz)
Mas Yusuf berdiskusi dengan warga Desa Aliyan. (Foto: Tim Yuriz)

Mas Yusuf yang berpasangan dengan Gus Riza pada Pemilihan Bupati (Pilbub), 9 Desember 2020 ini menambahkan, kunci dari masalah ini adalah korupsi harus dihilangkan di Banyuwangi.

“Kedepan, harus kita pastikan tidak ada lagi pemotongan anggaran yang dilakukan oknum pejabat. Harus sesuai dengan anggaran belanja yang ada, dan pemerintah akan menuntut kepada kontraktor agar betul-betul mengerjakan dengan baik sehingga tidak merugikan masyarakat,” imbuh Mas Yusuf yang disambut tepuk tangan warga.

Diskusi antara warga dengan Wakil Bupati Banyuwangi dua periode ini, berlangsung cukup intens. Sejumlah warga tidak mau kehilangan kesempatan, untuk mengajukan sejumlah pertayaan hingga harapan. Salah satunya, Agus (41), yang berharap perhatian terhadap tradisi Kebo-Keboan Aliyan sebagai Ritual Adat Desa yang harus dilestarikan.
Baca Juga: Sebanyak 21 Jajaran Bawaslu Banyuwangi Reaktif, Pengawasan Tahapan Pilkada Tetap Jalan

“Saya yakin Paslon 01 akan menang, tapi saya harap Kebo-Keboan Aliyan harus tetap diselenggarakan dan bisa mendapat dana bantuan dari pemerintahan Mas Yusuf-Gus Riza kedepan,” ungkap Agus.

Mas Yusuf secara tegas memastikan akan memberi ruang terhadap apapun ritual adat yang seharusnya dilaksanakan.

“Nanti akan kita bantu, yang penting 01 menang dulu. Itu penting, agar saya dan Gus Riza bisa mewujudkan apa yang ada dalam program-program kampanye,” pungkasnya. (man)

_blank

Kabar Terkait