oleh

Menteri Edhy Prabowo Kepincut Arsitektur Pendopo Sabha Swagata

KabarBanyuwangi.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi selama dua hari, Kamis-Jumat (9-10/7/2020). Selain mengunjungi pengolahan sidat hingga panen komoditas perikanan berorientasi ekspor, Edhy juga singgah di Pendopo Sabha Swagata yang sudah direvitalisasi dengan konsep bangunan hijau (green building).

Disambut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Edhy Prabowo dan jajaran berkeliling melihat arsitektur bangunan Pendopo kebanggaan warga bumi Blambangan yang berusia hampir 250 tahun.

“Bagus banget, bangunan lawas peninggalan budaya yang tetap dirawat dan dijaga dengan baik. Sehingga bisa dinikmati oleh anak-anak muda daerah. Pendopo ini harus tetap dipertahankan,” kata Edhy.

Di halaman belakang Pendopo, terlihat gundukan tanah menyerupai bunker beratapkan rerumputan hijau. Di bawah bunker juga terdapat deretan kamar (guest house) dan kantor. Duta besar Amerika Serikat, para menteri, dan tokoh-tokoh nasional pernah singgah di guest house ini.

“Ini keren, interiornya cantik. Kayu-kayunya melengkapi keindahannya,” ujar Edhy mengomentari karya para perajin kayu yang semuanya berasal dari Banyuwangi.

Baca Juga: Menteri Kelautan dan Perikanan Panen Sidat Kualitas Terbaik di Banyuwangi

Baca Juga: Gugus Tugas Gelar Patroli Kembali Disiplinkan Warga

Baca Juga: Hadapi Covid-19, Rp 3,9 Miliar Disalurkan untuk Insentif Tenaga Medis

Tidak hanya itu, di sisi timur Pendopo, juga berdiri rumah khas warga Using yang merupakan masyarakat asli Banyuwangi. Sedangkan di belakangnya, terdapat sumur Sritanjung berusia ratusan tahun yang menjadi bagian legenda Banyuwangi.

“Tempatnya bikin kerasan. Pokoknya harus segera balik lagi ke Banyuwangi. Dalam waktu dekat, kami pastikan akan bikin acara ke Banyuwangi,” imbuhnya.

Sementara, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas kunjungan Menteri Edhy. Apalagi ke depan, pemerintah pusat akan kembali membuka keran kegiatan kementerian/lembaga tingkat nasional, sehingga dimungkinkan akan mulai menggeliatkan ekonomi lokal.

”Dalam koordinasi lintas kementerian beberapa waktu lalu, memang disebutkan bahwa kementerian/lembaga pusat akan mulai berkegiatan di daerah. Waktunya akan ditentukan pemerintah pusat. Dan alhamdulillah, Banyuwangi dipilih menjadi salah satu tujuan. Ini akan mulai ikut menggerakkan ekonomi lokal, karena orang kembali datang ke Banyuwangi,” ujar Anas.

”Kami berterima kasih bila Pak Edhy Prabowo ke depan berkenan menggelar pertemuan, rapat kerja dan sebagainya di Banyuwangi. Wisata MICE di Banyuwangi sudah siap, dengan penerbangan langsung dari Jakarta, ballroom berkapasitas ribuan orang, homestay hingga hotel representatif, kuliner rakyat yang sudah disertifikasi sehingga sehat dan nyaman,” imbuh Anas.

Dalam kesempatan tersebut, Edhy datang didampingi Penasehat Menteri KP Prof La Ode Masihu Kamaludin, Komisi Pemangku Kepentingan dan Konsultasi Publik KP Ali M Ngabalin dan Efendy Gazali, Anggota Komisi V DPR RI Sumail Abdullah, dan jajaran Kementerian KP lainnya. (hms)

_blank

Kabar Terkait