oleh

Mesin Jet Ski Mati di Perairan Banyuwangi, Dua Wisatawan Terdampar di Pantai Merak

KabarBanyuwangi.co.id – Dua wisatawan yang sempat dinyatakan hilang kontak di Perairan Utara Banyuwangi lantaran jet ski yang mereka tunggangi mengalami mati mesin akhirnya berhasil ditemukan, Sabtu (16/10/2020) siang.

Korban pasangan suami istri bernama, Agus Ardianto (39) dan istrinya, Raras (35) warga Semarang – Jawa Tengah ini ditemukan Tim SAR terdampar di Pantai Merak yang berada tak jauh dari kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo dengan kondisi selamat.

Koordinator Pos Basarnas Banyuwangi, Wahyu Setya Budi menjelaskan, pasangan suami istri ini dinyatakan hilang kontak sejak hari Jumat sekitar pukul 17.00. Saat itu, kedua korban sedang berlibur di Taman Nasional Baluran hendak menuju Pulau Menjangan – Bali dari Pantai Bama – Situbondo menggunakan jalur laut dengan jet ski.

Baca Juga: Dua Remaja Hilang Terseret Ombak Pantai Badug, Ditemukan Meninggal Dunia

Naas, saat memasuki perairan Bangsring yang ada di wilayah Banyuwangi, tiba-tiba mesin jet ski yang mereka tunggangi mati. Keduanya pun sempat terombang ambing di tengah laut hingga akhirnya terdampar di Pantai Merak yang tidak jauh dari Kawasan Taman Nasional Baluran.

“Kedua korban sempat mengirim shareloc lokasi terakhir. Tapi pencarian pada Jumat malam kita tunda karena gelombang tinggi di perairan Bangsring. Sabtu pagi kami lanjutkan, Alhamdulillah kita dapat informasi kedua korban tengah berada di Pantai Merak. Langsung kami jemput dan kita evakuasi termasuk jet ski mereka kami tarik dengan tali menuju Pantai Bama kembali “jelas Wahyu.

Baca Juga: Tiga Remaja Terseret Arus Pantai Badug, Satu Selamat Dua Masih Hilang

Wahyu menambahkan, saat ditemukan kedua korban dalam kondisi sehat. Dalam operasi penyelamatan dua wisatawan yang terdampar ini, selain Basarnas pihak Satpol Air Polresta Banyuwangi, Polsek Kalipuro, BPBD, TNI AL dan Pos SAR Kabupaten Jembrana Bali juga dilibatkan.

“Mesin jet ski yang di tunggangi kedua korban ini mati diduga karena overheat,” tandasnya.

Baca Juga: Nelayan Hilang di Pantai Dogong Grajagan, Ditemukan Meninggal

Sementara itu, Kasat Pol Air Polresta Banyuwangi, Kompol Sudarsono mengimbau kepada wisatawan agar lebih hati-hati dalam melakukan perjalanan di kawasan perairan. Sebab akhir-akhir ini gelombang tinggi dan angin kencang juga kerap kali terjadi di kawasan perairan Selat Bali.

“Cek armada yang kita tunggangi dengan teliti sebelum melakukan perjalanan. Periksa semuanya, dan pastikan semua benar-benar siap agar peristiwa serupa tak kembali terulang. Yang terpenting jangan lupa membawa alat komunikasi, agar apabila terjadi sesuatu di tengah perjalanan tim SAR bisa segera  menindaklanjuti,” tegas Kompol Sudarsono. (man)

_blank

Kabar Terkait