oleh

Mini Tour Konser Musik Trio Lesehan, Sukses Tampil di Taman Gandrung Terakota

KabarBanyuwangi.co.id – Berusaha berkarya dan berinteraksi dengan para pecinta dan penikmat musik, Trio Lesehan yang terdiri dari Iksan Skuter, Jason Ranti dan Sisir Tanah (Danto) tetap memiliki ruang gerak sebagai musisi untuk melaksanakan tour konser musik ditengah pandemi Covid-19.

Para musisi indie bergenre folk yang tengah digandrungi kalangan remaja bahkan dewasa ini menggelar mini tour konser musik bertajuk Langgam Lamsam 2.0 yang telah singgah di beberapa kota di pulau Jawa-Bali diantaranya, Banyuwangi, Probolinggo, Jember, Denpasar, Singaraja, Ubud, dan Mataram.

“Langgam dalam Bahasa Jawa memiliki arti sebuah nyanyian yang otentik, sedangkan langsam merupakan sebuah hal yang perlahan tapi pasti. Jadi nyanyian yang pelan tapi pasti,” jelas Iksan Skuter musisi folk kondang asal Malang yang merupakan sang inisiator acara Langgam Langsam.

Baca Juga: Kabar Gembira: Gratis Tiket Masuk Destinasi dan Makan Siang Bagi Yang Punya Nama Agus

Baca Juga: Kabar Gembira: Banyuwangi Wakili Jawa Timur Dalam Festival Musik Daring Nasional 2020

Baca Juga: Lestarikan Bahasa Using, Imam Baihaki Sukses Jadi Selebgram

Indie atau independent yang berarti mandiri, bebas dan merdeka, membawa Iksan, Jason dan Danto menjadi salah satu maestro dan saksi dari kesuksesan musik indie di Indonesia, khususnya untuk genre folk.

Ditengah membludaknya musik mainstrem, hanya  dengan hasil rekaman tanpa naungan label besar, mampu menarik para penikmat tersendiri melalui alunan instrumen sederhananya seperti gitar dan harmonika. Bahkan, musik ini memiliki jutaan penggemar yang tersebar di seluruh penjuru nusantara.

Di Banyuwangi, Trio Lesehan dalam Langgam Langsam 2.0 berhasil menggelar konser yang bertempat di Taman Gandrung Terakota, Tamansari, Licin pada Kamis kemarin (17/9/2020).

Iksan, Jason dan Danto dibekali lukisan bergambar wajah mereka oleh Riss Kei sang pelukis 'TheLostFinger' asal Banyuwangi. (Foto: istimewa)
Iksan, Jason dan Danto dibekali lukisan bergambar wajah mereka oleh Riss Kei sang pelukis ‘TheLostFinger’ asal Banyuwangi. (Foto: istimewa)

Taman Gandrung Terakota dipilih menjadi lokasi pelaksanaan konser guna mendobrak kebiasaan lama yang hanya digunakan sebagai tempat berlangsungnya 2 jenis acara, yakni berbagai acara kesenian Banyuwangi, dan acara musik seperti Jazz Gunung Ijen.

Samer (26) selaku Ketua Panitia Langgam Lansam 2.0 di Banyuwangi mengatakan, bahwa tiket disediakan secara terbatas hanya 100 lembar. Protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat dalam mini konser ini seperti penggunaan masker dan face shield, menjaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan dan hand satinizer hingga tidak memperbolehkan masuk penonton yang sakit atau memiliki suhu badan diatas 37,3℃.

“Sesuai anjuran Kementrian Kesehatan dan Dinas Pariwisata, 100 tiket kami banyak diburu ini hanya bisa didapatkan secara online melalui contact person yang ada di flyer acara. Bahkan, secara tak wajar dalam flyer pemesanan tiket kami tidak menyebutkan dimana acara akan dilaksanakan. Ini juga dilakukan untuk mencengah kepanikan masyarakat dan tidak memicu keramaian,” tegas Samer.

Javas, selaku perwakilan panitia memberikan santunan anak yatim piatu. (Foto: istimewa)
Javas, selaku perwakilan panitia memberikan santunan anak yatim piatu. (Foto: istimewa)

Terbukti bahwa Taman Gandrung Terakota yang memiliki beberapa spot menarik seperti terdapatnya 1000 patung gandrung yang ditempatkan di lahan persawahan terasering ini juga mendukung atmosfer musik indie.

Perbukitan hijau, hamparan sawah, kebun kopi, aneka jenis bambu, beberapa tanaman endemik setempat hingga pemandangan sejumlah gunung dari kejauhan menambah positive vibes bagi para penonton untuk dapat menikmati karya estetik Trio Lesehan.

“Meskipun acara ini tidak seperti acara musik pada umumnya, tapi saya bisa merasakan kepuasan tersendiri untuk menikmati acara ini. Tempatnya yang nyaman ini juga sangat cocok dan sangking ketatnya, acara ini tetap aman meski pandemi,” ujar Aris Maulana (23) penggemar musik indie. (man)

_blank