oleh

Okupansi Meningkat, KAI Daop 9 Jember Tambah KA Yang Beroperasi

KabarBanyuwangi.co.id – Tren peningkatan okupansi pelanggan yang memanfaatkan moda transportasi KA pada bulan Agustus ini, membuat PT KAI Daop 9 Jember menambah KA yang beroperasi di wilayahnya. KA Logawa relasi Jember – Purwokerto (PP) akan kembali dioperasikan mulai 23 Agustus har ini.

Selain itu, KA Mutiara Timur relasi Ketapang – Surabaya (PP), yang sementara beroperasi pada tanggal tertentu, mulai 22 Agustus kemarin sudah dioperasikan setiap hari. Sehingga total ada 7 KA dengan 18 perjalanan yang akan dioperasikan. Khusus untuk KA Wijayakusuma, pengoperasiannya masih pada akhir pekan saja.

Vice President KAI Daop 9 Jember, Agus Barkah Nugraha mengatakan, sejak dioperasionalkan kembali pada 12 Juni lalu, KAI Daop 9 Jember telah melayani sebanyak 48.485 pelanggan, dengan rincian bulan Juni sebanyak 5.242 pelanggan, bulan Juli 17.674 pelanggan, dan 1-21 Agustus sebanyak 25.569 pelanggan.

Baca Juga: PT KAI DAOP 9 Jember, Tambah Perjalanan KA Mutiara Timur

Baca Juga: Bulan Agustus PT KAI Daop 9 Jember Kembali Operasikan KA Wijayakusuma

Sementara itu, pekan pertama Agustus, okupansi pelanggan sebanyak 6.345, pekan kedua mengalami peningkatan sebesar 44%, dengan jumlah 9.183 pelanggan, dan pekan ketiga berjalan sebanyak 8.083 pelanggan.

“Kami optimis terjadi peningkatan okupansi pelanggan KA di libur panjang Agustus ini,” ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para pelanggan, KAI menghadirkan Program Promo “Steal Deal 50%”.

“Program ini berlaku hanya untuk keberangkatan tanggal 22 & 23 Agustus, dengan KA Wijayakusuma & KA Mutiara Timur,” terang Agus, melalui siaran Pers yang dikirimkan kepada sejumlah media, Minggu (23/8/2020).

Baca Juga: Sambut Kemerdekaan PT KAI Daop 9 Jember Operasikan KA Pandanwangi

Pengoperasian perjalanan KA tetap mengacu pada protokol dan persyaratan kesehatan yang telah ditetapkan. Untuk perjalanan KA Jarak Jauh, pelanggan diharuskan mengenakan face shield yang disediakan oleh KAI selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Khusus untuk pelanggan infant, diwajibkan membawa face shield sendiri.

Secara umum, setiap pelanggan KA jarak jauh harus menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 dengan keterangan, Uji Rapid-test dengan hasil non reaktif, berlaku 14 hari, PCR dengan hasil negatif berlaku 14 hari, surat keterangan bebas gejala influenza yang dikeluarkan oleh puskesmas/RS, apabila didaerahnya tidak terdapat layanan rapid/PCR.

Selain itu, pelanggan KA diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, wajib menggunakan masker, serta dihimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

“Jika saat proses boarding pelanggan kedapatan tidak memenuhi ketentuan, maka tidak diperkenankan melakukan perjalanan, dan tiket dapat dibatalkan dengan pengembalian bea penuh,” tegasnya.

Polsuka mengukur suhu tubuh calon penumpang KA dengan thermo gun. (Foto: dok istimewa)
Polsuka mengukur suhu tubuh calon penumpang KA dengan thermo gun. (Foto: dok istimewa)

PT KAI Daop 9 Jember hanya menjual tiket 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Tujuannya untuk menjaga jarak antar pelanggan selama dalam perjalanan. Bagi pelanggan usia di atas 50 tahun, petugas akan mengatur tempat duduknya saat dalam perjalanan, sehingga tidak bersebelahan dengan pelanggan lain.

“Pemesanan tiket dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H- 7 keberangkatan KA. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA,” tambahnya.

Kebijakan pengoperasian perjalanan KA ini akan terus dievaluasi sesuai dengan perkembangan dan situasi di lapangan, seiring upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang terus dilakukan oleh PT KAI Daop 9 Jember.

Berikut daftar KA yang beroperasi di wilayah kerja PT KAI Daop 9 Jember.

KA Pandanwangi relasi Ketapang-Jember 2x PP. KA Sritanjung relasi Ketapang-Lempuyangan PP. KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng PP. KA Tawangalun relasi Ketapang-Malang Kota Lama PP. KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap PP. KA Mutiara Timur relasi Ketapang-Surabaya Gubeng/Pasarturi PP, dan KA Logawa relasi Jember-Purwokerto PP. (red)

_blank

Kabar Terkait