oleh

Para Petani Berharap Mas Yusuf – Gus Riza, Membenahi Secara Total Dunia Pertanian

KabarBanyuwangi.co.id – Dalam setiap pertemuan dengan warga, Pasangan Calon (Paslon) Bupati Banyuwangi, No 1, Yusuf Widyatmoko atau Mas Yusuf yang berpasangan dengan, KH. Muhammad Riza Aziziy atau Gus Riza, selalu mendapat keluhan dari petani.

Mulai dari kelangkaan pupuk yang belum teratasi, juga kehadiran Pemerintah Daerah dalam memasarkan hasil pertanian. Juga masalah kualitas bangunan irigasi yang sering rusak, sangat menganggu petani yang sedang menggarap sawah.

Komunites Kelompok Pak Tani Tulen, Desa Watukebo, Kecamatan Blimbingsari, sangat berharap pemerintah menegakkan aturan dalam distribusi pupuk bagi petani. Kejadian kelangkaan pupuk setiap dibutuhkan petani, dianggap masalah klasik yang selalu terulang setiap tahun.

“Pupuk subsidi seharusnya berjalan sesuai aturan yang berlaku, jangan sampai terlambat. Bantuan pertanian sudah berjalan, tetapi distribusi bantuan melalui Gapoktan ke petani kurang merata. Mohon bantuan bibit jagung dan padi, seharusnya berkualitas dan bisa bersaing dengan merk lain,” ujar H. Ponidi petani asal  Watukebo, Blimbingsari.

Baca Juga: Di Kafe Milik Suliyana, Ipuk Fiestiandani Ngobrol Gayeng dengan Milenial Banyuwangi

Baca Juga: KPU Banyuwangi Buka Pendaftaran KPPS, Inilah Syaratnya

Baca Juga: KPU Banyuwangi Klarifikasi PAW Sugirah

Selain pra musim tanam, ternyata Pemerintah Daerah dinilai masih abai saat musim panen. Sehingga banyak hasil panen tidak terserap pasar, bahkan masih banyak tergantung tengkulak. Rencana digitalasi pertanian, juga masih belum menyentuh petani. Kalau sudah ada yang jalan, itu atas inisiatif swasta.

“Pemerintah harus hadir dalam digitalisasi pertanian, untuk meningkatkan pemasaran hasil tani supaya harga bisa meningkat. Sekarang tidak imbang hasil pertanian, bila dibanding dengan harga pupuk dan obat-obatan selalu mahal. Bahkan sering hilang di pasaran, saat petani membutuhan,” ujar Rochim dari Komunitas Pak Tani Tulen, Watukebo, Blimbingsari.

Paslon No 1, Mas Yusuf – Gus Riza dalam berbagai kesempatan, menegaskan sikapnya akan memprioritaskan kadaulatan pangan di Banyuwangi. Program ini akan menjamin ketersedian pupuk dan saprodi, juga ada subsidi pupuk serta bantuan alat pertanian.

Para Petani semangat mendukung Gus Riza. (Foto: istimewa)
Para Petani semangat mendukung Gus Riza. (Foto: istimewa)

Gus Riza yang sempat menemui langsung para petani yang tergabung dalam Komunites Kelompok, Pak Tani Tulen saat memanen padi mengatakan, selain akan melakukan digitalasi pertanian secara simultan, juga akan menarik investor untuk membangun Industri Pertanian. Harapannya, saat panen raya dan hasil pertanian melimpah, maka yang tidak terserap pasar bisa dimasukan ke industri.

Apalagi program ini akan ditunjang keberadaan Jalan Tol Probowangi (Probolinggo-Banyuwangi), sehingga para pengusaha sudah tidak memasalah jarak jauh dari Banyuwangi ke pusat kota tempat pemasaran.

“Maslah pertanian akan menjadi salah satu program prioritas, dikarenakan pertanian menjadi pekerjaan banyak orang di Banyuwangi. Dana untuk pertanian saat ini terhitung kecil, dibandingkan sebelumnya. Makanya akan menjadi bahan pertimbangan penting, menyangkut pekerjaan banyak orang,” pungkas Kandidatb Doktor Ilmu Ekonomi Syariah ini. (sen)

_blank

Kabar Terkait