oleh

Partai Demokrat Resmi Usung Yusuf Widyatmoko Maju Pilbup Banyuwangi 2020

KabarBanyuwangi.co.id – Partai Demokrat dalam Pilbup Banyuwangi 2020 resmi menetapkan nama, Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy sebagai pasangan calon bupati (cabup) dan bakal calon wakil bupati (cawabup). Rekomendasi partai berlambang mercy yang dikeluarkan, Kamis (19/8/2020) itu ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Demokrat, H. Agus Harimurti Yudhoyono, dan Sekjen Teuku Riefky Harsya..

“Apa yang beredar, video maupun SK itu benar. SK yang dipilih oleh ketua umum saya, AHY, adalah Pak Yusuf dan Gus Riza, putra dari KH Hisyam Safaat pengasuh Ponpes Blokagung,” kata Ketua Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto.

Baca Juga: Bakal Calon Bupati Banyuwangi Mengaku Terkonfirmasi Covid-19

Baca Juga: KPU Simulasi Pencoblosan Pilbup 2020 Khusus Penyandang Dissabilitas

Baca Juga: Jelang Coklit Pemutakhiran Data Pemilih, 305 Pengawas Pilkada di Rapid Test

Michael menambahkan, meski hanya memiliki 6 kursi di DPRD partai Demokrat akan membangun koalisi dengan partai lain agar memenuhi 10 kursi supaya dapat mengusung pasangan calon. Sebagai ketua partai dirinya bertekad akan membantu rakyat melalui partai politik agar tidak terjadi lawan bumbung kosong seperti yang sudah berkembang di kalangan masyarakat.

“Supaya tidak terjadi lawan bumbung kosong makanya Demokrat pilih mengusung calon meskipun belum ada mitra koalisi. Partai Demokrat tidak setuju dengan adanya bumbung kosong. Saya tidak peduli partai mana yang mau bergabung dengan kita. Kami sudah perintahkan Pak Yusuf untuk mencari koalisi,” tambahnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto. (Foto: istimewa)
Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto. (Foto: istimewa)

Sebelumnya, partai Demokrat sudah melakukan pendekatan dan komunikasi dengan semua partai politik untuk membangun kualisi, namun seiring dinamika politik yang berkembang di Banyuwangi, komunikasi tersebut terpisah.

“Pertama kali partai Golkar mengajak kualisi dengan Demokrat untuk mencari figur penggantinya pak Anas, tapi di tengah jalan pisah. Kita komunikasi dengan PKB, Gerindra dan partai-partai lain untuk mencari figur yang mengerti tentang Banyuwangi dan rakyat Banyuwangi,” terag Michael.

Semntara itu, pencarian figur cabup dan cawabup yang dilakukan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Banyuwangi sudah dimulai sejak Januari 2020 lalu dengan membentuk panitia penjaringan. Setelah diseleksi ada 8 nama yang menguat hingga mengerucut menjadi tiga nama. Tetapi DPP Demokrat hanya menyetujui dua nama, yaitu Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy.

“Dua nama itu Bu Ipuk (Ipuk Fiestiandani) dan Pak Yusuf. Akhirnya Partai Demokrat sepakat mengusung Pak Yusuf. Mengenai nama Gus Riza, kata Michael, atas masukan dan pilihan dari Yusuf Widyatmoko. Yusuf sendiri memilih,” punkas Ketua Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto. (red)

_blank

Kabar Terkait