oleh

Pengasuh Ponpes Berharap Gus Riza Bisa Bantu Pengembangan Pendidikan Ketrampilan

KabarBanyuwangi.co.id – Silaturahmi KH. Muhammad Riza Aziziy, atau Gus Riza, ke Ponpes Nurul Abror Al Rabbaniyin, Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo, diawali ke Koperasi Pesantren (Koppontren), tanpa sepengetahuan Pengasuhnya, KH Fadlurahman Zaini, atau Ra Fadol.

Setelah ketemu Ra Fadol, Gus Riza bercerita telah masuk ke Koppontren, untuk menambah wawasan tentang usaha yang dikelola oleh para santri.

“Nantinya saya diberikan kewenangan oleh pak Yusuf Widyatmoko saat nanti jadi Bupati, selain pesantren, UMKM, koperasi dan urusan olahraga dan pemuda. Makanya, saya harus banyak menambah wawasan di bidang yang kelak saya tangani,” ujar Gus Riza kepada Ra Fadol, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga: KPU Banyuwangi Umumkan Jumlah Daftar Pemilih Tetap

Baca Juga: Sandiaga Uno Bakal Jadi Mentor Program UMKM Naik Kelas ala Ipuk Fiestiandani

Dalam kesempatan tersebut, Ra Fadol juga ingin mengembangkan ketrampilan. Harapannya, ada Balai Latihan Kerja (BLK) Pesantren. Karena santri sangat perlu ketrampilan, untuk mewujudkan itu perlu hadirnya pemerintah.

“Kemudian jika Wongsorejo dijadikan kawasan industri, harus memaksimalkan karyawan dari masyarakat lokal,“ kata Ra Fadol yang masih Keluarga Ponpes Nurul Jadid, Paiton Probolinggo.

Baca Juga: KPU Banyuwangi Buka Pendaftaran KPPS, Inilah Syaratnya

Gus Riza mengaku sependapat dengan penyataan Ra Fadol, bahkan Mas Yusuf dan dirinya, sedang memprogramkan tenaga lokal harus diserap, setiap ada industri yang dibangun di Banyuwangi.

“Memang sangat penting sekali untuk lebih memaksimalkan karyawan dari masyarakat sendiri untuk bisa menyerap tenaga lokal lebih banyak lagi. Adanya industri harus berdampak langsung kepada masyarakat,” kata alumni S2 Bidang Ekonomi Syariah dari Yordania itu.

Dari kediaman Ra Fadol, Gus Riza melanjutkan silaturahminya ke Pesantren Sunan Kalijogo, Desa Sumber Kencono Kecamatan Wongsorejo. Gus Riza disambut oleh KH. Hasan Basri, sebagai Pengasuh Pondok Pesantren

Gus Riza bertemu dengan pengasuh Ponpes, Sunan Kalijogo dan para santri. (Foto: istimewa)
Gus Riza bertemu dengan pengasuh Ponpes, Sunan Kalijogo dan para santri. (Foto: istimewa)

Dalam Sambutannya, KH. Hasan Basri langsung terang-terangan mengatakan, kalau kompak dengan para Kyai Insyaallah menang. Apalagi hubungan Ponpes yang diasuhnya dengan Ponpes Darussalam Blokagung sangat dekat.

“Pesantren ini merupakan pesantren kelautan, karena letaknya berada di pesisir pantai, ini harus menjadi perhatian untuk lebih mengembangkan pesantren,” kata KH. Hasan Basri.

Mananggapi permintaan tersebut, Gus Riza berkeyakin bisa menumbuhkan Pesantrean yang mempunyai kekhukususan menjadi Ponpes lebih besar lagi.

“Pesantren ini harus tumbuh lebih besar lagi, karena bisa memberikan inspirasi, kuat dari segi maritim, kuat dari kelautan,” tegas Gus Riza. (sen)

_blank

Kabar Terkait