oleh

Riuhnya Suasana, Bila ISG Pelalawan Riau Bertemu Sesama Dulur Banyuwangi

KabarBanyuwangi.co.id – Event bulanan digelar pada hari Minggu (9/8/2020) oleh Ikawangi Sumatera Group (ISG) Provinsi RIAU dan ISG Pusat. Kali ini menyambangi dulur-dulur ISG yang berada di wilayah Kabupaten Pelalawan, Riau.

Acara rutin bergilir ini diadakan di kediaman Kang Mohamad Iswan asal Desa Bangosere, Kecamatan Bangorejo. Kang Iswan yang alumni STM Negeri Banyuwangi ini, sudah menetap tingal di Pangkalan Lesung Riau hampir 20 tahun.

Pada kesempatan tersebut, hadir seluruh warga ISG dari penjuru Kabupaten Pelalawan. Mereka dengan antusias, berangkat dari rumah masing-masing hanya ingin bertemu dan bersilaturahim sesama dulur-dulur rantauan asal Banyuwangi yang hari itu berdatangan dari kota Pekanbaru, Kabupaten Siak dan Kabupaten Kampar. Mereka saling bersapa ria, melepas kerinduan terhadap kampung halaman, Banyuwangi.

Baca Juga: Tanda Tangan Tinta Merah, Wujud Semangat ISG Pusat Besarkan Organisasi

Diantara mereka bergumam, kalau ada acara rutin ISG begini serasa tidak lagi ada di perantauan. Suasana keakraban serasa seperti di kampung dhewek, ada yang menggunakan Bahasa Using dan Bahasa Jawa Kulonan saling bertukar omongan, serasa riuh pertemuan itu.

Suasana Riuh saat warga Banyuwangi di rantauan, mereka saling tukar omongan dengan Bahasa Jawa dan Using. (Foto: istimewa)
Suasana Riuh saat warga Banyuwangi di rantauan, mereka saling tukar omongan dengan Bahasa Jawa dan Using. (Foto: istimewa)

Meski melibatkan orang banyak, pertemuan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Mereka mengenakan masker, dan cuci tangan di tempat yang sudah disiapkan tuan rumah serta disediakan handsanitizer. Pada pembuka acara didaulat Pelindung ISG, Bapak, AKBP Ir. Yani Nur Syamsu, Msc yang asli Tegaldelimo untuk memberikan sepatah dua patah kata sambutan.

Kemudian acara dilanjutkan Pengurus ISG Pusat menyisipkan tambahan acara, yaitu Penyerahan Surat keputusan (SK) kepada pengurus ISG Provinsi Riau. Hari itu SK telah diserahkan oleh Ketua Umum ISG Pusat, Amma Kusbani, kepada Saiman yang telah resmi menjadi ketua ISG Provinsi Riau. Dibantu Ali Surahman sebagai Wakilnya, Imam Yahya Sekretaris dan Masliksah sebagai Bendahara.

Baca Juga: ISG OKU Bertekad Kembangkan Wisata Melalui Kesenian Banyuwangi

Baca Juga: ISG Sumatera Selatan Terbitkan E-Money dan Dibagikan Gratis ke Anggotanya

Bersambung SK yang tertunda pada acara Rapat ISG Pusat, juga turut diserahkan oleh Amma Kusbani pada hari itu juga kepada koordinator seksi-seksinya. Bambang Sukoco, Mohammad Iswan, Ponidi dan Abdul Fatah yang hari itu juga resmi masuk dalam jajaran Kepengurusan ISG Pusat.

Acara ini cukup terkesan, karena sudah dirancang apik oleh Master Cerremony (MC) Kondang ISG Kang Dul. Kemampuan Kang Dul dalam membawakan acara, hingga membuat mereka larut dalam suka cita dari awal hingga penghujung acara.

Emak-emak ISG Provinsi Riau, ISG Kab Pelalawan, Kabupaten Siak dan Kabupaten Kampar juga tidak mau kalah kompak. (Foto: istimewa)
Emak-emak ISG Provinsi Riau, ISG Kab Pelalawan, Kabupaten Siak dan Kabupaten Kampar juga tidak mau kalah kompak. (Foto: istimewa)

Santap siang bareng bersama sajian khas Using Deles, Sayur Kelor, Sambel ranti, Pelasan Iwak Wiji Nongko, Gimbal, dan sajian kudapan Using yang disajikan tuan rumah Mohammad Iswan. Kebetulan istri Kang Iswan, juga mempunyai usaha Warung Makan Penyetan.

Begitu asyiknya mengikuti acara sedulur Banyuwangi, tidak terasa waktu terus bergerak hingga sore. Tepat  jam 15.00 sore acara ditutup, diakhiri dengan Doa dan kemudian semua kembali pulang ke kota dan daerah masing masing.

Sampai jumpa di acara bulan depan di ISG Kabupaten Kampar.

“Salam seduluran selawase teko bumi bertuah Riau, Jenggirat tangi!!”

(Penulis: Hery Susanto, Sekjen ISG Pusat)

Redaksi menerima tulisan dari para Netizen, tentang apa saja asal tidak mengandung sara dan ujaran kebencian. Mulai dari Wisata, Kuliner atau cerita perjalanan. Bisa dikirim lewat email redaksi@kabarbanyuwangi.co.id atau melalui WhatsApp (WA) +6289682933707, beserta foto dan keterangannya. Terimakasih.

_blank