oleh

Sambut New Normal, Santri Wajib Ikuti Protokol Covid-19 di Lingkungan Masjid

KabarBanyuwangi.co.id – Menyambut diberlakukanya Era New Normal atau tatanan baru anggota, Komando Distrik Militer (Kodim) 0825 Banyuwangi melaksanakan pemantauan disejumlah tempat keramaian seperti tempat ibadah, dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Salah satunya Masjid yang juga dijadikan TPQ AL-Hidayah di Dusun Mangli, Desa Karangsari, Kecamatan Sempu.

Anggota Koramil (0825/19 Sempu yang diwakili oleh Babinsa didampingi perangkat Desa, dan tim kesehatan Puskesmas setempat, melihat langsung aktivitas proses belajar mengajar, serta kegiatan ke agamaan di Masjid Al-Hidayah, Minggu (14/6/2020) sore.

Dalam pelaksaannya, para santri maupun wali santri diwajibkan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, yaitu, menganakan masker, dan mencuci tangan sebelum melakukan kegiatan proses belajar mengajar, serta menjaga jarak fisik, atau physical distancing.

“Dalam menyambut kembali para santrii usai libur lebaran, santri TPQ Al-Hidayah diharpakan disiplin dengan mengedepankan protokol kesehatan, dan protokol pencegahan Covid-19 sesuai dengan imbauan dari pemerintah,” kata Babinsa Desa Karangsari, Serma Samsul.

Baca Juga: Koramil dan Polsek Sinergi Senam Bersama Jaga Imunitas Hadapi Covid-19

Serma Samsul menambahkan, selain jaga jarak fisik, pengurus Takmir juga di imbau untuk menyiapkan tempat cuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan, dan rajin menyemprot cairan disinfektan di sekitar Masjid, serta melakukan pengukuran suhu tubuh kepada para santri maupun jamaah yang akan masuk ke dalam Masjid.

“Pengasuh TPQ kami imbau agar menyediakan tempat cuci tangan bagi anak didiknya, menjaga kebersihan lingkungan dengan cara menyemprotkan desinfektan di sekitar TPQ guna memutus penyebaran mata rantai virus Covid-19. Wali santri wajib menggunakan masker saat mengantar maupun menjemput anak-anaknya, dan harus di ukur suhu tubuhnya,” tambah Serma Samsul.

Baca Juga: Danramil Srono Hadiri Launching Kampung Tangguh di Desa Sukonatar

Sementara itu, pengasuh TPQ AL-Hidayah menyambut baik kedatangan anggota Koramil 0825/19 Sempu beserta tim medis Puskesmas, dan perangkat desa Karangsari atas kepedulianya melihat langsung kegiatan proses belajar mengajar. Bahkan dirinya mengaku pasca libur sejak beberpa bulan lalu akibat pandemi Covid-19, saat ini sudah memberlakukan wajib mamakai masker bagi anak didiknya saat berada di Masjid.

“Pasca libur karena corona ada beberapa prosedur yang diterapkan oleh para pengurus TPQ Al Hidayah dalam menyambut kedatangan kembali para santrinya. Misalnya santri yang ingin belajar harus diantar oleh keluarganya sendiri, tidak menggunakan kendaraan umum. Dan wajib memakai masker pada saat mengaji di Masjid,” tegas pengasuh TPQ AL-Hidayah Ustadz Toho.

Sebelumnya, sejak Pabruari 2020 sejumlah TPQ diliburkan sementara akibat mewabahnya pandemi Covid-19. Namun pasca lebaran aktivitas proses belajar mengajar di TPQ kembali dibuka. Adanya penerapan Era New Normal atau tatanan baru yang gaungkan oleh pemerintah, saat ini sejumah TPQ wajib mengkuti anjuran tersebut dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (man)

_blank

Kabar Terkait