oleh

Tanggap Covid-19, Pemuda Kopen Sarimulyo Gelar Sosialisasi dan Penyemprotan Disinfektan

KabarBanyuwangi.co.id – Berawal dari banyaknya jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Banyuwangi, pemuda yang tergabung dalam,  Gerakan Pemuda Kopen, (GARDA KP) perumahan Klingkarmuda di Dusun Cempokosari, Desa Sarimulyo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, mengadakan Penyemprotan disinfektan dan sosialisasi mengenai bahaya penularan Covid-19 kepada masyarakat setempat.

Acara dihadiri petugas dari Koramil Cluring, Kepolisian dari Polsek Cluring, pemerintah Desa Sarimulyo, dan perwakilan dari tim kesehatan Puskesmas Benculuk. Agenda yang dilaksanakan hari, Minggu (6/09/2020) ini, diharapakan dapat membantu pemerintah dalam menekan angka penularan Covid-19, khususnya di wilayah Desa Sarimulyo.

Agenda dimulai pukul 08.00 pagi, diawali dengan apel dan pengarahan dari pihak Koramil Cluring, dipandu Serka Ridwan. Selanjutnya dilaksanakan pembekalan dan pengarahan oleh pihak kesehatan dari Puskesmas Benculuk.

Baca Juga: Jaga Imunitas Tubuh, PMM 63 UMM Terjun Langsung dalam Penanaman Tanaman Toga

Kepada para pemuda yang mengikuti agenda ini, ditutup oleh sambutan dari Kepala Desa Sarimulyo, yang menegaskan tetap menerapkan protokol kesehatan, yuitu dengan menjaga jarak minimal satu meter dan memakai masker.

Acara ini, berlangsung sampai pukul 12.00 siang WIB, dengan menargetkan 300 lebih rumah yang disemprotkan disinfektan. Selain itu, sasaran penyemprotan juga pada fasilitas umum, seperti musholla dan gardu jaga, tak terkecuali juga pesantren yang ada di wilayah tersebut.

Anggota Koramil Cluring turun mendukung kegiatan pemuda Desa Sarimulyo. (Foto: istimewa)
Anggota Koramil Cluring turun mendukung kegiatan pemuda Desa Sarimulyo. (Foto: istimewa)

Didik Eko Andriyanto, selaku Kepala Desa Sarimulyo yang juga hadir pada acara ini sangat mengapresiasi kegiatan yang bersifat kepemudaan. Terlebih kegiatan ini atas inisiatif para pemuda itu sendiri.

“Kami dari pemerintah Desa Sarimulyo, sangat mengapresiasi kegiatan yang berdampak positif bagi masyarakat. Apalagi ini juga sangat membantu pemeriahan dalam percepatan penanganan Covid-19 khususnya di wilayah Desa Sarimulyo,” ucap Kepala Desa, Didik.

M. Riswan Efendi, Selaku Koordinator pelaksana kegiatan menuturkan, bahwa kegiatan ini adalah bentuk upaya pencegahan yang murni berasal dari keprihatinan dan inisiatif para pemuda Kopen Dusun Cempokosari Desa Sarimulyo terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga: Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Polsek Kalipuro Lakukan Penyemprotan Massal di Perum GGM

Baca Juga: Kemenkes dan Satgas Lakukan Karantina Salah Satu Pesantren Tangani Covid-19

“Saya rasa kegiatan ini juga sebagai langkah antisipasi saja mas, terlebih kan kemarin ada yang PDP yang meninggal di wilayah desa kami, jadi ya kami ingin memberikan pencegahan saja,” ujar Riswan ketika diwawancarai.

Diharapkan agenda ini bisa berkelanjutan, mengingat penyebaran Covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi, sehingga jika dilakukan sosialisasi dan penyemprotan disinfektan secara berkala, akan sangat berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memberikan upaya pencegahan semaksimal mungkin.

(Penulis: Hasim Iskandar, Pembina Keluarga Besar Pelajar Mahasiswa Banyuwangi Surabaya – KBPMBS)

Redaksi menerima tulisan dari para Netizen, tentang apa saja asal tidak mengandung sara dan ujaran kebencian. Mulai dari Wisata, Kuliner atau cerita perjalanan. Bisa dikirim lewat email redaksi@kabarbanyuwangi.co.id atau melalui WhatsApp (WA) +6289682933707, beserta foto dan keterangannya. Terimakasih.

_blank

Kabar Terkait