oleh

Warga Desa Jambewangi Gelar Upacara Agustusan di Tengah Hutan

KabarBanyuwangi.co.id – Tinggal di tengah hutan tidak menyurutkan semangat nasionalisme warga Dusun Purworejo, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, kendur dalam memperingati hari Kemerdekaan RI ke-75. Mereka menggelar upacara bendera di tengah hutan, di bawah pepohonan pinus, Senin (17/8/2020) pagi.

Menariknya, upacara rakyat ini, warga menggunakan pakaian ala petani yang akan pergi ke hutan, seperti topi petani hingga memanggul tangki penyemprot tanaman.

Menurut Nurohman, meski sangat sederhana, proses upacara berlangsung khidmat layaknya upacara di lembaga resmi, dan rangkaian upacara terbilang lengkap. Mulai mengibarkan bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya hingga pembacaan teks proklamasi.

“Upacara ini sebagai wujud nasionalisme warga untuk ikut merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-75. Meski kami tinggal di tengah hutan, tetap hidup di alam Indonesia,” kata Nurohman, tokoh pemuda Purworejo.

Baca Juga: Satlantas Polresta Banyuwangi Laksanakan Detik-detik Proklamasi di Simpang Lima

Baca Juga: Kabar Gembira: Gratis Tiket Masuk Destinasi dan Makan Siang Bagi Yang Punya Nama Agus

Nurohman menjelaskan, sejak pagi, warga yang hampir seluruhnya petani hutan ini berkumpul di sebuah lahan hutan, persis di pintu masuk dusun. Tanpa dikomando, warga langsung berbaris rapi, menghadap tiang bendera. Proses pengibaran bendera juga berlangsung sukses,dilakukan para pemuda setempat.

Meski melibatkan berbanyak orang, jalannya upacara bendara tetap menetapkan protokol kesehatan Covid-19. Mereka wajib bermasker, cuci tangan dan menjaga jarak fisik atau physical distancing saat berbaris.

“Upacara perayaan Kemerdekaan RI di wilayahnya juga sebagai ajang reuni. Karena itu, warga cukup kompak mengikutinya. Usai upacara, warga menyantab nasi bungkus bersama. Kegiatan ini ternyata hasil kerjasama warga dengan DPD Partai Nasdem Banyuwangi.

“Kami merasa bahagia, warga kami bisa menggelar upacara di HUT Kemerdekaan. Warga juga kompak ketika ditawari upacara bersama DPD Nasdem Banyuwangi,” pungkasnya.

Baca Juga: Lomba Kampung Merdeka, Cara Pemuda Desa Kebaman Ajak Warga Hormati Jasa Para Pahlawan Saat Pandemi

Usai menyantap nasi bungkus, kegiatan diakhiri dengan menggelar berbagai perlombaan khas Agustusan. Seperti, lomba makan kerupuk, joged dan sendok kelereng.

Sementara itu, Ketua DPD Nasdem Banyuwangi Supriyadi KS mengatakan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 bersama warga tengah hutan ini sebagai wujud kepedulian Partai Nasdem yang lahir dari rakyat, selanjutnya berjuang bersama rakyat.

“Kami sangat senang jika semangat nasionalisme bisa bergema di seluruh pelosok daerah, termasuk di masyarakat tengah hutan,” tegasnya. (red)

_blank